Ini 5 Khasiat Daun Katuk, Selain untuk Melancarkan ASI, Banyak Segudang Manfaat

Ini 5 Khasiat Daun Katuk, Selain untuk Melancarkan ASI, Banyak Segudang Manfaat

Manfaat daun katuk untuk kesehatan badan. Foto Ardian Mukti--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Manfaat dari Daun katuk di Indonesia paling populer adalah sebagai pelancar Air susu Ibu (ASI) secara tradisional. 

Sebab pasca melahirkan tak sedikit ibu menyusui yang kerap mengkonsumsi daun ini. Selain mudah ditemukan disekitar kita daun ini juga mudah tumbuh dengan mudah disekitar rumah. bentuk dari daunya kecil dan juga berwarna hijau agak gelap serta ada corak dibagian tengah daun.

Banyak Masyarakat yang mengolah, Tumbuhan  daun katuk menjadi campuran bahan masakan seperti di sayur asam ataupun direbus ada juga  dikonsumsi langsung sebagai lalap tergantung dari selera masing masing.

Nah dilansir dari berbagai macam sumber selain melancarkan produksi ASI, ternyata ada loh manfaat dari daun katuk ini bagi kesehatan silahkan disimak.

BACA JUGA:Pesan Bupati Tanggamus, Karang Taruna Harus Jadi Organisasi Pemuda Terdepan

1. Yang pertama manfaat dari daun katuk yaitu bisa menurunkan kadar gula darah sebab berdasarkan riset daun ini menunjukkan bahwa salah satu manfaat bisa menurunkan kadar gula darah dan menjaganya tetap stabil. dengan demikian, daun katuk ini sangat baik dikonsumsi untuk melindungi tubuh dari risiko diabetes.

2. Kemudian yang kedua dari manfaat Daun katuk juga bisa Mencegah Obesitas ketika penderitanya memiliki berat badan berlebih, akibat penumpukan jaringan lemak di dalam tubuh.

Hal ini berdasarkan dari Sebuah studi yang menunjukkan bahwa mengkonsumsi daun katuk dipercaya bisa mengurangi pembentukan jaringan lemak, sehingga baik untuk mencegah obesitas.

3. Daun katuk juga bisa Menyembuhkan luka Ekstrak sebab Daun ini mengandung antioksidan serta efek antiradang dan antibakteri. Berkat efek tersebut, ekstrak daun katuk diyakini dapat mempercepat proses pemulihan dan penyembuhan luka.

BACA JUGA:Selamat! Pemkab Pringsewu Raih Opini WTP Ke-8

4. Daun katuk ternyata mengandung zat anti radang yang dapat mengurangi peradangan. Peradangan merupakan respons alami tubuh terhadap infeksi atau cedera dan akan membaik dengan sendirinya.

Meski demikian, peradangan terkadang bisa terjadi dalam waktu lama. Seiring waktu, kondisi ini dapat meningkatkan risiko terjadinya masalah kesehatan, seperti penyakit jantung dan kanker.

5. Meningkatkan daya tahan Tubuh Daun katuk mengandung banyak vitamin C, vitamin A, dan antioksidan yang baik untuk memperkuat daya tahan tubuh.

Tak hanya itu, beberapa riset juga menunjukkan bahwa ekstrak daun katuk memiliki sifat antibakteri dan antijamur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: