Iklan Bos Aca Header Detail

Mengenal 10 Sahabat Nabi yang Dijamin Allah Masuk Surga

Mengenal 10 Sahabat Nabi yang Dijamin Allah Masuk Surga

Salah satu tanda-tanda kiamat adalah turunnya Nabi Isa AS. ILUSTRASI/FOTO PIXABAY.COM--

Umar bin Khattab dikenal memiliki gelar Al-Faruq, yang artinya pembeda antara yang benar dan yang salah. 

3. Utsman bin Affan

Sahabat lain yang dijamin masuk surga oleh Allah adalah Utsman bin Affan. Ustman bin Affan termasuk sahabat muhajirin. 

Utsman bin Affan juga merupakan menantu Nabi Muhammad SAW. Ustman dijuluki sebagai Dzun Nurrain atau pemilik dua cahaya. Ini karena Utsman bin Affan menikahi dua putri Nabi Muhammad SAW. 

Pertama, Utsman bin Affan menikahi putri kedua nabi Ruqqayah. Ustman bin Affan bersama Ruqqayah juga termasuk rombongan sahabat yang hijrah ke Habasyah (sekarang Ethiopia) untuk menghindari tekanan kaum kafir Quraisy di awal fase kenabian. 

Ustman kemudian pulang ke Mekkah. Tak lama ia ikut bersama nabi hijrah ke kota Madinah. Istri Utsman bin Affan, Ruqqayah meninggal dunia di tahun kedua Hijriyah di hari ketika perang Badar terjadi. 

Kepergian Ruqqayah membuat Utsman bin Affan sedih. Pada tahun keempat Hijriyah, Nabi Muhammad SAW menikahkan Utsman bin Affan dengan putri ketiganya yakni Ummu Kultsum.  

Selama hidup, Utsman bin Affan adalah sosok yang kaya. Namun ia juga terkenal sebagai sosok yang darmawan. Ia kerap membantu dakwah nabi dengan hartanya. 

Utsman bin Affan pernah memberikan 1.000 dirham saat perang Tabuk. Jumlah itu sama dengan kebutuhan sepertiga untuk perang. Bukan hanya uang, Utsman bin Affan memberikan 950 ekor unta dan 10 ekor kuda. 

BACA JUGA:Polda Lampung Beri Nilai Sat Kamling Wilayah Polres Tanggamus

Utsman bin Affan menjadi Khulafaur Rasyidin yang ketiga. Ia memimpin umat Islam sepeninggal Umar bin Khattab. 

Utsman bin Affan meninggal dunia sebagai seorang mujahid. Ia dibunuh, ketika terjadi protes besar hingga mengepung rumahnya, seseorang penyusup dari Bani Sadus tega melukai Utsman bin Affan hingga meninggal dunia.

4. Ali bin Abi Thalib

Yang keempat adalah Ali bin Abi Thalib. Ia merupakan sepupu nabi Muhammad SAW. Ali bin Abi Thalib adalah anak dari Abu Thalib, paman nabi. 

Ali bin Abi Thalib tergolong dalam kelompok Assabiqunal Awwalun atau orang-orang yang pertama masuk Islam. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: