Iklan Bos Aca Header Detail

Bibit Bantuan BI Ditanam, Pemkot Metro Targetkan Panen Bawang Merah 13 Ton

Bibit Bantuan BI Ditanam, Pemkot Metro Targetkan Panen Bawang Merah 13 Ton

Pemerintah Kota (Pemkot) Metro menargetkan panen bawang merah yang ditanam di lingkungan Balai Budidaya Ikan (BBI). Foto Pixabay--

METRO, RADARLAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Kota (Pemkot) Metro menargetkan panen bawang merah yang ditanam di lingkungan Balai Budidaya Ikan (BBI), Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota bisa mencapai 13 ton per hektar.

Bibit bawang merah yang merupakan bantuan dari Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Lampung yang berjumlah satu ton tersebut diharapkan mampu mendatangkan keuntungan berlipat bagi petani.

Wakil Wali Kota Metro Qomaru Zaman mengatakan, dari satu kilogram bibit yang diberikan Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Lampung tersebut diprediksikan, dapat memproduksi sekitar 13 kilogram bawang merah.

BACA JUGA:Simak, Ini Pesan Bupati Lamtim Kepada Peserta Lomba Desa

"Jadi, kita targetkan begini, hasilnya itu 1 banding 13. Artinya, dari satu kilogram bibitnya, bisa panen 13 kilogram bawang merah," katanya.

Qomaru menuturkan, dirinya akan menempatkan seluruh elemen DKP3, dan penyuluh pertanian melakukan pendampingan kepada Kelompok Tani Sido Makmur II Rejomulyo, Metro Selatan yang mendapatkan bantuan bibit bawang merah tersebut.

Petani penerima bibit bawang merah, Laswanto (54) menuturkan, dirinya sudah menyediakam lahan untuk menanam bibit bawang merah bantuan dari Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Lampung tersebut.

BACA JUGA:Kisah Firmino di Liverpool: Datang Tidak Dianggap, Pergi Sebagai Legenda

"Untuk lahan penanaman, kita sudah siapkan sekitar 90 persen. Kendalanya ya cuaca yang tidak bisa diprediksi. Karena khawatirnya nanti hasil produksinya tidak maksimal," ujarnya.

Menurutnya, target panen dari bibit tersebut sekitar 13 ton, yang tentunya sudah banyak yang akan siap menampung. Sehingga, ia menyampaikan kepada petani bawang untuk tidak khawatir mengenai pemasarannya.

"Kebutuhan bawang merah di Lampung ini cukup tinggi. Jadi, nanti akan banyak yang menampung. Kadang di Metro juga kebutuhan bawang merah masih kurang, di Lampung itu sekitar 100 ton per hari. Jadi tidak usah khawatir," ungkapnya.

BACA JUGA:Belum Move On Dari Mantan? Baca Doa Ini, Insya Allah Ada Ketetapan Hati

Sebagai informasi, Kelompok Tani Sido Makmur II Rejomulyo, Metro Selatan menerima bantuan bibit bawang merah sebanyak satu ton dari Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Lampung.

Bibit bawang merah tersebut direncanakan akan ditanam di lahan pertanian seluas sekitar satu hektar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: