Geger Penemuan Kalung Emas Milik Raja Singasari, Begini Penampakannya

Geger Penemuan Kalung Emas Milik Raja Singasari, Begini Penampakannya

Kalung emas yang diduga milik Raja Singasari ditemukan di sungai oleh tim pemburu benda bersejarah. Foto Tangkapan Layar/YouTube Kokka The Ancient--

BACA JUGA: Bisa Jadi Ladang Harta Karun, Ternyata Ini Ciri Sungai yang Mengandung Emas

Kerajaan kanjuruhan ditemukan dalam Prasasti Dinoyo berangka pada tahun 682 Saka atau 760 Masehi. Yang dituliskan dengan huruf Jawa Kuno dan Bahasa Sanskerta.

Dikuasai oleh Raja Dewashima, prasasti Dinoyo ditemukan di Desa Merjosari, Malang Jawa Timur.

Ada juga kerajaan yang bercorak Hindu-Buddha yang awalnya brpusat di Jawa Tengah. Namun sekitar tahun 929 Masehi, kerajaan ini dipindahkan ke Jawa Timur oleh Mpu Sindok.

Itu adalah kerajaan Mataram Kuno, yang konon faktor utama yang mengharuskan pusatnya dipindahkan adalah adanya serangan Kerajaan Sriwijaya dan Erupsi Gunung Merapi.

BACA JUGA: Deretan Drama Korea Populer yang Pernah Dibintangi Ahn Hyo-Seop, Ada Dr Romantic 3 Sampai Bussiness Proposal

Adapun bukti-bukti peninggalannya di Jawa Tengah adalah Candi Prambanan, Candi Borobudur dan juga Candi Sewu.

Sedangkan bukti peninggalan kerajaan Mataram Kuno di Jawa Timur diantaranya Prasasti Masahar, Candi Lor, Prasasti Linggasutan, dan juga Candi Wawatan.

Ada juga kerajaan besar lainnya yang pernah ada di Jawa Timur yakni Kerajaan Kediri yang konon berdiri selama 177 tahun dengan 8 raja yang pernah berkuasa.

Salah satu raja yang membawa Kediri pada zaman keemasan adalah Sri Aji Jayabaya. Dengan bukti peninggalannya yakni Situs Tondowongso dan Prasasti Sirah Keting.

BACA JUGA: Terinspirasi Dari Kisah Ratu Pantai Selatan, Cinta Laura Kiehl Tuai Pujian di Cannes Film Festival 2023

Selain itu juga ada Arca kuno patung Dewa Siwa Catur Muka atau bermuka empat dan juga Prasasti Tulung agung dan Kertosono.

Selanjutnya ada Kerajaan Singasari yang didirikan oleh Ken Arok pada tahun 1222 Masehi.

Ada banyak sekali bukti peninggalan Kerajaan Singasari. Di antaranya Candi Kidal, Candi Jago, Candi Singasari, Prasasti Singasari dan Prasasti Malurung.

Kemudian juga dengan penemuan kalung emas yang ditemukan oleh tim pemburu benda bersejarah Kokka The Ancient, yang mana mereka menemukan kalung emas yang diduga milik Raja Singosari. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: