Lampung Timur Siap Gelar Pilkades Serentak Pada 112 Desa, Segini Besaran Anggarannya

Lampung Timur Siap Gelar Pilkades Serentak Pada 112 Desa, Segini Besaran Anggarannya

Setelah sempat belum ada kepastian. Akhirnya, Pemerintah Kabupaten Lampung Timur akan menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di tahun 2023 ini.--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Setelah sempat belum ada kepastian. Akhirnya, Pemerintah Kabupaten Lampung Timur akan menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di tahun 2023 ini.

Kepastian akan digelarnya Pilkades serentak tersebut disepakati melalui rapat koordinasi Bupati Lamtim M.Dawam Rahardjo dengan jajaran Forkopimda, Kamis 15 Juni 2023.

Rapat koordinasi yang dipimpin Bupati Lamtim itu dihadiri Wakil Bupati Azwar Hadi, Kapolres AKBP M.Rizal Muchtar, Dandim 0429 Letkol Indra Puji dan jajaran Forkopimda serta Sekretaris Kabupaten M.Jusus dan sejumlah Kepa Organisasi Perangkat Daerah.

Bupati Lamtim M.Dawam Rahardjo menjelaskan, tahun ini ada 112 Kepala Desa yang akan habis masa jabatannya pada 31 Desember 2023.

BACA JUGA:Aktivis Muda Muhammadiyah Lampung Utara Desak Forkopimda Cabut SKB Angkutan Batubara

Dilanjutkan, sesuai hasil koordinasi terbatas jajaran Forkopimda disepakati, Pilkades serentak pada 112 desa tersebut akan dilaksanakan sebelum 1 November 2023. Karenanya, Pilkades serentak akan digelar 30 Oktober 2023 mendatang.

Kemudian terkait anggaran, rencananya akan dialokasikan melalui APBD Perubahan sebesar Rp2,1 miliar dari sebelumnya Rp560 juta.

Kesempatan yang sama Kapolres Lamtim AKBP M.Rizal Muchtar menyatakan siap mengamankan pelaksanaan Pilkades serentak.

"Polres Lamtim dan Kodim 0429 siap mengamankan pelaksanaan Pilkades serentak,"kata AKBP M.Rizal Muchtar diamini Dandim 0429 Letkol Indra Puji.

BACA JUGA:Harus Tahu, Ini Tips Agar Kamu Bisa Cepat Punya Rumah Sendiri

Sementara Ketua DPRD Ali Johan Arif menyatakan, DPRD siap mendukung Pikades serentak sesuai peraturan perundangan yang berlaku.

Dilanjutkan, karena anggarannya akan dialokasikan melalui perubahan APBD 2023.

Ali Johan berharap Pemkab segera menyusun rancangan APBDP kemudian disampaikan melalui rapat paripurna di DPRD.

Di tempat yang sama Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Yudi Irawan menjelaskan, sebagai OPD tekhnis, PMD siap melaksanakan tahapan Pilkades serentak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: