Tim JKPD Lampung Pastikan Bahan Pangan di Bandar Lampung Aman di Konsumsi

Tim JKPD Lampung Pastikan Bahan Pangan di Bandar Lampung Aman di Konsumsi

Tim JKPD Lampung melakukan sidak ke pasar tradisional dan moderen di Kota Bandar Lampung, Selasa 27 Juni 2023.---Sumber foto : Diskominfotik.---

RADARLAMPUNG.CO.ID - Tim Koordinasi Jejaring Keamanan Pangan Daerah (JKPD) Provinsi Lampung menggelar Inspeksi mendadak (Sidak) di Pasar Tradisonal Koga dan Pasar Modern Superindo Labuhan Ratu, pada Selasa 27 Juni 2023.

Kegiatan tersebut untuk melakukan pengawasan pangan jelang Hari Raya Idul Adha 1444 H/2023, dengan mengecek keamanan pangan segar, pangan olahan, pangan siap saji, dan lainnya.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Tim JKPD Provinsi Lampung Bani Ispriyanto yang merupakan Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura Provinsi Lampung.

Menurut Bani Ispriyanto, tujuan kegiatan ini untuk mengetahui kondisi keamanan pangan segar, pangan olahan, pangan siap saji yang beredar menjelang Hari Raya Idul Adha 1444 H/2023.

BACA JUGA:BRI Peduli Grow dan Green Salurkan 2.500 Bibit Pohon Durian di Berau

Selain itu, kata Bani Isprianto, kegiatan ini untuk memastikan kestabilan harga dan pasokannya, serta memastikan bahan pangan yang akan dikonsumsi oleh masyarakat dalam keadaan aman untuk dikonsumsi.

Dimana, dalam sidak di Pasar Koga, Tim JKPD melakukan uji formalin terhadap beberapa sampel bahan pangan, seperti buah apel Fuji, buah jeruk Mandarin, ikan segar, ikan olahan, daging ayam potong, daging sapi, daging kambing, dan tahu.

Uji cepat dengan test kit dilakukan secara langsung di tempat untuk mengetahui hasil sementara, selanjutnya uji lanjutan akan dilakukan di laboratorium dengan sampel yang sama.

Begitu juga di Superindo, TIM JKPD melakukan uji sampel bahan pangan, seperti ikan segar, daging ayam, daging sapi, dan buah lemon. 

BACA JUGA:Masih Remaja Sudah Jompo? Inilah Penyebab

Selain melakukan uji ditempat, Tim juga memeriksa izin edar beberapa bahan makanan kemasan, masa kadaluarsa dan fisik kemasan bahan pangan olahan.

Dari hasil sementara uji cepat di lapangan tidak ditemukan bahan berbahaya seperti formalin, boraks, bahan pewarna dan bahan kimia lain yang berbahaya pada sampel yang diuji.

"Jadi untuk sementara hasil yang kita uji dalam kondisi aman dan terkendali, selanjutnya akan kita uji di laboratorium, mudah-mudahan semua bahan pangan terutama 13 bahan pangan pokok termasuk sayur dan buah dalam kondisi aman," ujar Bani Isprianto.

Lanjut Bani Isprianto, pemerintah hadir disini untuk memfasilitasi dan menjamin kemanan dan ketersediaan bahan pangan baik di pasar modern maupun pasar tradisonal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: