Disnaker Lampung Turunkan Tim untuk Cek Kecelakaan Lift di Al Zahra, Ini Sanksi Yang Terancam Diberikan

Disnaker Lampung Turunkan Tim untuk Cek Kecelakaan Lift di Al Zahra, Ini Sanksi Yang Terancam Diberikan

Tim pengawas tenaga kerja Disnaker Lampung lakukan pengecekan di sekolah Al Zahra, Kamis 6 Juli 2023.---Sumber foto : Kadisnaker Lampung.---

RADARLAMPUNG.CO.ID - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Provinsi Lampung turunkan tim pengawas tenaga kerja terkait kejadian lift jatuh sekolah Al Zahra.

Kepala Disnaker Lampung Agus Nompitu mengatakan, hari ini 6 Juli 2023 tim pengawas tenaga kerja telah turun ke lokasi kejadian melakukan pemeriksaan.

"Ya, tim kita sudah turun untuk menindaklanjuti kejadian tersebut, bersama tim spesialis teknisi lift. Juga koordinasi dengan pihak kepolisian," ujar Agus Nompitu saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis 6 Juli 2023.

Tujuan turunnya tim tersebut untuk mengecek hal-hal apa saja yang menjadi penyebab kecelakaan jatuhnya lift di sekolah Al Zahra.

BACA JUGA:Kisah Pilu Korban Lift Sekolah Az-Zahra: Sang Ibu Tak Ada Firasat Apapun

"Apakah ada aspek kelalaian atau aspek teknis K3 di sana yang lalai, kita cek terlebih dahulu," ucapnya.

Pada kejadian ini, kata Agus Nompitu, Disnaker Lampung fokus ke sisi ketenagakerjaan terhadap sembilan tenaga kerja yang mengalami kecelakaan jatuhnya lift.

Pihaknya akan mengacu pada aturan-aturan ketenagakerjaan, terkhusus Undang-undang Nomor 1 tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja.

"Jadi banyak aspek yang kita lihat. Seperti dari sisi standar liftnya. Kami akan lihat pengurus atau pengelola di dalam melakukan pengawasan di tempat kerja. Lalu hal-hal lain yang akan kita kembangkan setelah ada laporan resmi dari tim yang ada di lapangan," ungkapnya.

BACA JUGA:Polisi Dalami Dugaan Adanya Tindak Pidana di Sekolah Azzahra

Lanjut Agus Nompitu, dari laporan sementara tim yang telah turun kelapangan, tim melakukan pengecekan didampingi Kepala SD Al Zahra.

Hanya saja keterangan lengkap belum didapat oleh tim tersebut, karena bukan kapasitas dari kepala sekolah tersebut untuk menjelaskan kepada pihaknya.

"Nanti akan ada pemanggilan kepada pihak-pihak terkait untuk menggali keterangan lebih lanjut," ucapnya.

Tetapi, dari hasil pengecekan sementara, menurutnya sembilan orang yang merupakan tukang tersebut terjatuh saat menaiki lift dari lantai lima untuk pulang kerja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: