Iklan Bos Aca Header Detail

Siswa Lampung Harumkan Nama Indonesia di Tokyo

Siswa Lampung Harumkan Nama Indonesia di Tokyo

Savero Lukianto Chandra, disambut antusias saat kembali pulang. Siswa SMA Fransiskus Bandar Lampung ini baru saja tiba setelah mengikuti Internasional Physics Olympiade (IPho) di Tokyo, Jepang.--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Savero Lukianto Chandra, disambut antusias saat kembali pulang karena mengharumkan nama Indonesia di Tokyo.

Siswa SMA Fransiskus Bandar Lampung ini baru saja tiba setelah mengikuti Internasional Physics Olympiade (IPho) di Tokyo, Jepang.

Ini merupakan Olimpiade bidang fisika ke - 53 yang diselenggarakan pada tanggal 10 - 17 Juli 2023.

Dalam olimpiade tersebut, Savero berhasil membawa pulang medali perak. Dia bersaing dengan 395 peserta dari 80 negara di dunia.

BACA JUGA:21 Kampus Indonesia yang Masuk Jajaran Universitas Terbaik di Dunia

Kepala Bidang (Kabid) Sekolah Menengah Atas (SMA) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Lampung, Diona Katharina menjelaskan, Savero menjadi wakil dari Indonesia dalam ajang Olimpiade Fisika bersama empat siswa lainnya.

Mereka, masing - masing Fansen Candra Funata, dari SMA Darma Yudha (Riau); Muhammad Arif Khairani Ismail, SMAS Fatih Bilingual School (Aceh); Muh. Zaidan Naja, MAN 2 Kota Malang (Jawa Timur); dan Ahmad Nafi Ramadhan, SMAS Al Kahfi (Jawa Barat).

"Dari ke lima siswa yang mewakili Indonesia di Jepang, Alhamdulillah Savero berhasil meraih medali perak," kata Diona Katharina.

Diona mengatakan, Savero yang baru saja lulus tahun ini telah berhasil meraih Beasiswa Indonesia Maju (BIM) dan diterima di 6 Perguruan Tinggi luar negeri.

BACA JUGA:TIM KPK RI Datangi Lampura, Ada Apa?

Savero sendiri akhirnya memilih The University British Columbia, Vancouver, Canada, jurusan Bachlor of Science Program.

"Saat Savero mengikuti olimpiade ini di tingkat nasional, Savero statusnya masih merupakan siswa SMA Fransiskus Bandar Lampung. Tapi karena aktifitas di tingkat Internasional itu cukup padat, jadi pelaksanaan lombanya baru diadakan kemarin," jelas Diona Katharina.

Diona Katharina melanjutkan, Disdikbud Provinsi Lampung menyambut baik prestasi yang sudah ditorehkan Savero.

Terlebih Savero tidak hanya mengharumkan nama Lampung, tapi juga Indonesia di tingkat Internasional. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: