Bak Pepatah Gajah Mati Tinggalkan Gading, Ini Kisah Radin Inten II yang Jadi Nama Bandara di Lampung

Bak Pepatah Gajah Mati Tinggalkan Gading, Ini Kisah Radin Inten II yang Jadi Nama Bandara di Lampung

Patung Raden Inten II di kompleks makamnya di Lampung Selatan. Bak Pepatah Gajah Mati Tinggalkan Gading, Ini Kisah Radin Inten II yang Jadi Nama Bandara di Lampung--youtube @dunia indra

BACA JUGA:Profil Yayasan Azzahra, Penaung SD dan SMP Azzahra Bandar Lampung

Pasukan yang terdiri dari 400 prajurit itu dipimpin oleh Kapten John. Pasukan tersebut mempunyai misi merebut kembali Benteng Ketimbang yang dipimpin oleh Radin Inten II. 

Namun berkat kegigihan perlawanan Radin Inten II, pasukan tersebut dapat dikalahkan.

Kegagalan itu memaksa Belanda mengubah taktik. Adalah Kapten Kohler, seorang Asisten Residen Belanda di Teluk Betung yang ditugasi untuk mengadakan perundingan dengan Radin Inten II.

Perundingan berjalan alot. Setelah berkali-kali mengadakan perundingan akhirnya kedua kubu sepakat untuk tidak saling menyerang.

BACA JUGA:Profil Singkat Komjen Pol Suntana Resmi Ditunjuk Jadi Kabaintelkam, Punya Segudang Pengalaman di Lampung

Namun rupanya perjanjian itu hanya taktik Belanda menunggu kesempatan untuk melancarkan serangan besar-besaran.

Bagi Belanda, Radin Inten II dan pasukannya harus dikalahkan dengan cara apapun. Sebab, Belanda merasa kedudukan mereka di Lampung Selatan akan tetap terancam jika Radin Inten II masih tetap berkuasa.

Namun sebelum memulai serangan, Belanda terus berusaha memecah belah masyarakat Lampung Selatan.

Taktik Devide et Empera atau pecah belah terus dilancarkan. Kelompok yang satu diadu dengan kelompok yang lain. Sehingga di kalangan masyarakat timbul suasana saling mencurigai.

BACA JUGA:Berikut 13 Dokter Anak di Bandar Lampung, Lengkap Dengan Profil Dokter, Lokasi Praktek, Jadwal, dan Biaya Kons

Upaya ini membuahkan hasil. Sejumlah tokoh masyarakat Kalianda termakan hasutan untuk memusuhi Radin Inten II. Mereka akhirnya tak lagi menghalangi pasukan Belanda untuk berpatroli disekitar Gunung Rajabasa.

Pada 10 Agustus 1856, pasukan lengkap Belanda diberangkatkan dari Batavia. Pasukan ini terdiri dari Infanteri, Arteleri dan Zeni.

Kekuatan pasukan ini semakin bertambah dengan bergabungnya pasukan bangsawan Lampung yang sudah termakan bujuk rayu Belanda

Namun iring-iringan kapal perang Belanda saat memasuki perairan Lampung Selatan dilihat oleh Singa Beranta. Ia lalu mengirimkan kurir untuk kepada Radin Inten II yang kemudian memerintahkan pasukannya untuk menyiapkan diri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: