Iklan Bos Aca Header Detail

Ini Beberapa Faktor Penyebab Lampura Termiskin di Lampung

Ini Beberapa Faktor Penyebab Lampura Termiskin di Lampung

Inilah Kantor Pemerintah Kabupaten Lampung Utara. Foto dok--

Kemudian, untuk Indek Keparahan Kemiskinan (P2) sebesar 0,72 serta dan Tingkat Penurunan Kemiskinannya sebasar -1,22 persen.

"Ada peningkatan penurunan sebesar 18,41 persen ditahun 2022 angka kemiskinan di Kabupaten Lampung Utara ini. Berkaca ditahun 2021 yakni sebesar 19,63 persen," ujar Ketua TIM Integrasi Pengelolaan dan Disminasi Statistik (IPDS) Dicko mewakili Kepala BPS Sugaryadi SE M.M., ketika dikonfirmasi Radar Lampung, Selasa 15 Agustus 2023.

  BACA JUGA:Kapolres Lampura Uji Perdana Praktek SIM Baru

Ia mengatakan, bukan hanya predikat termiskin di Lampung, Kabupaten Lampung Utara juga peringkat kedua tingkat pengangguran terbuka di bawah Bandarlampung dan terendah Lampung Barat.

Sementara, Indeks Pembangunan Manusia Lampung Utara lebih baik dibandingkan enam kabupaten lainnya berada di Provinsi Lampung ini.

Ia mengatakan angka kemiskinan daerah setempat paling tinggi sejak 2015 hingga 2022. Salah satu penyebab kemiskinan adalah pola kosumsi masyarakat.

"Jadi memang benar kita termiskin di provinsi Lampung. Ini dikarnakan pola kosumsi masyarakat yang buruk. Ketidak kesediaan lahan bagi petani untuk meningkatkan pendapatannya. Terlebih, para petani bersetatus buruh pekerja kasar, baik petani, perikanan, kuli bangunan dan lain sebagainya," beber Dicko.

BACA JUGA:Ini Pengakuan Kepala BKD Lampung Terkait Pemanggilan Dirinya Oleh Kemendagri

Terpisah Kepala Bappeda Lampung Utara Andi Wijaya membenarkan tingkat kemiskinan Kabupaten Lampura tertinggi di Provinsi Lampung.

Meski begitu, Kabupaten Lampung Utara tercatat paling miskin dari segi pola konsumsi masyarakat.

Namun, pendapatan per kapita mencapai peringkat enam dari 14 Kabupaten/kota se Provinsi Lampung.

BACA JUGA:Teknokrat Sukses Selenggarakan TICAE 2023

"Pemkab Lampung Utara terus berupaya menanggulangi angka kemiskinan dan pengangguran. Semua pihak sebaiknya fokus mencari akar masalah kemiskinan sehingga Lampung Utara berkembang menjadi lebih baik lagi, dan dapat bersaing dengan Kabupaten lainnya yang ada ddi Provinsi Lampung ini," pungkanya (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: