Begini Kronologis Bentrok di Pesisir Barat Lampung Antara Petani dengan Pihak PT KCMU

Begini Kronologis Bentrok di Pesisir Barat Lampung Antara Petani dengan Pihak PT KCMU

Bentrok di Pesisir Barat, Lampung, yang terjadi sekitar pukul 16.00 Wib, pada Selasa 15 Agustus 2023, membuat korban mengalami luka-luka.--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Bentrok di Pesisir Barat, Lampung, yang terjadi sekitar pukul 16.00 Wib, pada Selasa 15 Agustus 2023, membuat korban mengalami luka-luka.

Luka tersebut, akibat dari sabetan benda tajam dalam kejadian bentrok antara masyarakat dengan pihak dari PT.KCMU dilokasi perkebunan sawit yang ada di Simpang Lima, Kupang, Pekon Marang Kecamatan Pesisir Selatan, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar).

Peratin Marang, Surdi mengaku belum mengetahui penyebab pasti kejadian tersebut. Namun, bentrok yang terjadi itu antara masyarakat petani dengan pihak dari PT.KCMU.

"Kejadian itu menyebabkan beberapa warga mengalami luka bacok dan sempat dilarikan ke Puskesmas Biha. Dalam kejadian itu juga ada satu unit mobil L300 dilokasi kejadian yang dibakar," ungkap Surdi.

BACA JUGA:Bentrokan Terjadi di Pesisir Barat, Dua Orang Dikabarkan Terluka

Sementara itu, Kepala UPTD Puskesmas Biha, Abdullah Laupe, S.K.M, M.M., membenarkan jika ada warga yang dilarikan ke Puskesmas Biha.

Mereka dibawa ke puskesmas karena mengalami luka bacok yang diketahui akibat bentrokan yang terjadi di Pekon Marang tersebut.

Adapun warga yang mendapat perawatan di Puskesmas Biha ini yakni atas nama Dedi warga Pekon Pagar Bukit Kecamatan Bangkunat mengalami luka bacok dibagian punggung kanan dan kiri.

Kemudian, Sutejo warga Pekon Tanjung Kemala Kecamatan Bangkunat, mengalami luka bacok di bahu kiri sampai ke tulang dan untuk pasien ini harus mendapat penanganan lebih intensif.

BACA JUGA:Daftar Kepala Polres Lampung Barat, 23 Kali Terjadi Pergantian Kapolres

Selanjutnya, pasien atas nama Kadi Suswanto, warga Pekon Pagar Bukit, Kecamatan Bangkunat mengalami luka lecet dibagian dada, serta Bardi Arza warga Pekon Sumber Agung Kecamatan Ngambur, mengalami luka lecet dibagian dada.

"Ada dua pasien yang mengalami luka serius, dan saat ini juga.masih dalam perawatan intensif di Puskesmas Biha," jelasnya.

Terpisah, Kapolsek Pesisir Selatan Iptu AM Larsatmo, mewakili Kapolres Pesisir Barat AKBP Alsyahendea, S.I.K, M.H., membenarkan adanya kejadian bentrok antara masyarakat yang tergabung dalam Paguyuban Pambers dengan karyawan dan mitra PT.KCMU yang terjadi sekitar pukul 16.00 Wib, Selasa 15 Agustus 2023, di area perkebunan sawit, Simpang Lima Kupang Ulu, Pekon Marang tersebut.

Dia menjelaskan, kejadian tersebut, berawal dari masyarakat yang tergabung dalam Paguyuban Pambers sejumlah kurang lebih 20 orang sedang melakukan panen buah sawit dengan menggunakan parang dilahan perkebunan sawit yg diakui milik masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: