Wisata Tangga Raja disebut Hidden Gems Tulang Bawang Lampung, Tersimpan Legenda Kerajaan Tulang Bawang

Wisata Tangga Raja disebut Hidden Gems Tulang Bawang Lampung, Tersimpan Legenda Kerajaan Tulang Bawang

Wisata Tangga Raja disebut Hidden Gems Tulang Bawang Lampung, Tersimpan Legenda Kerajaan Tulang Bawang. Sumber Foto Instagram@anugrahyuyut1--Instagram@anugrahyuyut1

RADAR LAMPUNG.CO.ID - Tulang Bawang merupakan salah satu Kabupaten Di Provinsi LAMPUNG yang memiliki daya tarik tersendiri terutama wisata tangga raja tersimpan legenda kerajaan Tulang Bawang

Karena itu lah Wisata Tangga Raja bisa dikatakan hidden gems (permata yang tersembunyi) diwilayah Tulang Bawang Lampung.

Dirangkum dari instagram @anugrahyuyut 1, menceritakan bahwa  Tangga Raja merupakan legenda Kerajaan Tulang Bawang.

Kabupaten Tulang Bawang dikenal dengan Sai Bumi Nengah Nyappur, merupakan salah satu kabupaten yang terkenal dengan adanya wisata sejarah sejarah adat Istiadat .

BACA JUGA:Kabar Baik, Pemkab Pringsewu Mulai Garap Drainase dan Trotoar di Dua Lokasi Ini, Yuk Kepoin

Salah satunya, tangga raja yang berada di Lingkungan Ujung Gunung Ilir (UGI) Kecamatan Menggala.

Tepatnya, yang berada dibawah pertigaan Jalan 1 (straat 1), satu monumen berupa tugu Jung bertahta, sekitar lima menit dari pusat Pemerintahan  Kabupaten Tulang Bawang.

Disebut tangga raja dikarenakan lokasi  itu dahulu menjadi salah satu tempat transit arah dermaga khusus untuk para raja raja dan tamu Kerajaan Tulang Bawang.

Konon, Tangga Raja ini dulunya menjadi perlintasan para raja saat turun mandi pada masa jayanya Kerajaan Tulang Bawang.

BACA JUGA:Kabar Baik, Pemkab Pringsewu Mulai Garap Drainase dan Trotoar di Dua Lokasi Ini, Yuk Kepoin

Disisi utara tugu tersebut, terdapat satu jalan beraspal dan menurun memperkenalkan diri dengan Plang Sederhana dengan Sebutan Jalan Tangga Raja.

Jalan inilah yang menjadi Saksi sejarah bahwa para raja raja Kerajaan Tulang Bawang yang bertahta di bilangan Menggala itu menuju Sungai Tulang Bawang untuk mandi dan keperluan lainnya.

Dilokasi tersebut, berdiri tegak bangunan bentuk pendopo ukuran sekitar 12 x 12 meter itu cukup megah indah.

Pendopo yang cukup megah ini berlantai keramik dengan warna tanah lempung, bangunan panggung yang disangga dengan beton setinggi kira kira 4 meter itu menjadi center dengan view Way Tulang Bawang (Sungai Tulang Bawang).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: