BMKG Lampung Ungkap Penyebab Hujan Badai yang Menerjang Itera, Ternyata Karena ...

BMKG Lampung Ungkap Penyebab Hujan Badai yang Menerjang Itera, Ternyata Karena ...

Salah satu ruang perkuliahan gedung D yang rusak karena Hujan disertai Angin Kencang di Itera, Kamis, 2 November 2023-Foto Melida Rohlita-

RADARLAMPUNG.CO.ID - Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Lampung menanggapi fenomena angin kencang yang memporak porandakan Institut Teknologi Sumatera (Itera). 

Menurut BMKG, terdapat perkumpulan awan columunimbus di Itera sehingga berbeda dengan wilayah Bandar Lampung dan sekitarnya, Rabu, 1 November 2023.

"Awan cumulonimbus di sekitaran Itera menyebabkan di itera dan sekitarnya terjadi hujan lebat yang disertai angin kencang, berbeda dari wilayah Bandar Lampung lainnya," kata Kasi Data dan Informasi BMKG Lampung Rudi Harianto, Jumat, 3 November 2023.

Rudi juga menyebutkan, kondisi lahan yang ada di sekitar Itera dapat mempengaruhi cuaca esktrem tersebut, dan membuat gedung dan fasilitas kampus tersebut porak poranda.

BACA JUGA:Sama-Sama Keren, Bongkar Perbandingan Infinix GT 10 Pro vs Infinix Zero 30 5G, Mana yang Lebih Unggul?

"Bisa juga karena lahan yang datar dan kondisi panas, sehingga menimbulkan tekanan rendah yang bisa menarik angin dari yang bertekanan tinggi," ungkapnya.

Ditanya apakah hal serupa bisa kembali terjadi, mengingat hari ini Bandar Lampung kembali diguyur hujan deras? Rudi menyebut tidak ada potensi.

"Bila dilihat dari pergerakan awannya beda, tidak seperti kemarin. Tetapi hari ini hujan lebat disertai angin kencang memang berpotensi hampir di seluruh Provinsi Lampung," terangnya.(*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: