Perencanaan Pembelajaran untuk Pengembangan Kognitif dan Solusi Masalah Belajar

Perencanaan Pembelajaran untuk Pengembangan Kognitif dan Solusi Masalah Belajar

Nomor dua dari kiri, Guru Besar FKIP Unila Prof Herpratiwi .--unila.ac.id

Konsep yang menarik pada saat merumuskan tujuan pembelajaran khusus adalah kemampuan merumuskan tujuan pembelajaran menjadi sub- bagian sub-bagian yang lebih khusus dan dikaitkan dengan: pengetahuan dan ketrampilan yang perlu dimiliki peserta didik setelah proses pembelajaran, situasi dan kondisi yang diperlukan peserta didik untuk menunjukkan penguasaan pengetahuan yang telah dipelajari serta indikator atau kriteria yang dapat digunakan untuk menentukan tingkat keberhasilan peserta didik dalam menempuh pembelajaran.

5. Mengembangkan instrumen pembelajaran. 

Konsep yang menarik pada saat mengembangkan instrumen pembelajaran adalah bagaimana mengembangkan instrumen yang dapat mengukur performa peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran yang dirumuskan. 

Instrumen yang dikembangkan juga harus memenuhi kaidah-kaidah instrumen pembelajaran yang baik misalnya aspek validitas dan reliabilitas. 

Konsep pengembangan instrumen pembelajaran menuntut penguasaan ketrampilan menyusun instrumen pembelajaran yang secara umum bukan sesuatu yang mudah dan sederhana. 

6. Mengembangkan strategi pembelajaran 

Pengembangan strategi pembelajaran memiliki konsep yang menarik berkaitan dengan pemilihan strategi pembelajaran yang berkaitan dengan: a. Aktifitas pra-pembelajaran yang bertujuan untuk memotivasi peserta didik dan juga mengingatkan kembali ketrampilan yang akan digunakan dan sudah dikuasai peserta didik. b. Materi pembelajaran. c. Partisipasi peserta didik selama pembelajaran. d. Penilaian dan aktifitas tindak lanjut dari kegiatan pembelajaran.

7. Mengembangkan dan memilih bahan ajar 

Konsep yang menarik pada langkah ini adalah saran terhadap perancang desain pembelajaran untuk menyusun sendiri bahan ajar, karena siswa akan memperoleh informasi baru selama pembelajaran tanpa intervensi orang lain yang tidak terlibat langsung dengan pembelajaran.

Langkah-langkah yang dapat digunakan untuk menyususun bahan ajar adalah sebagai berikut : 

a. Melihat kembali strategi pembelajaran untuk setiap tujuan pembelajaran dan setiap pelajaran

b. Melihat kembali analisis tentang konteks pembelajaran dan asumsi tentang ketersediaan sumberdaya untuk menyususn bahan ajar 

c. Menentukan komponen bahan ajar berdasar tujuan pembelajaran 

d. Mencari sumber belajar 

e. Menentukan cara mengadopsi bahan ajar dari sumber belajar 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: