Perencanaan Pembelajaran untuk Pengembangan Kognitif dan Solusi Masalah Belajar
Nomor dua dari kiri, Guru Besar FKIP Unila Prof Herpratiwi .--unila.ac.id
Hasil proses evaluasi formatif digunakan sebagai masukkan memperbaiki rancangan proses atau hasil pembelajaran.
Tiga jenis evaluasi formatif yang dapat digunakan untuk mengembangkan proses atau hasil pembelajaran adalah: (1) evaluasi perorangan, (2) evaluasi kelompok kecil, dan (3) evaluasi lapangan.
Setiap jenis evaluasi dilakukan terhadap sasaran yang sesuai tetapi tetap dengan satu tujuan yaitu untuk memperbaiki rancangan program.
9. Melakukan revisi terhadap program pembelajaran.
Revisi terhadap program pembelajaran merupakan langkah terakhir dalam proses disain dan pengembangan program pembelajaran.
Data yang diperoleh dari prosedur evaluasi formatif dirangkum dan ditafsirkan untuk mengetahui kesulitan yang dihadapi peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran serta kelemahan- kelemahan yang dimiliki oleh program pembelajaran.
Data ini selain digunakan untuk merevisi program pembelajaran tetapi juga digunakan juga untuk menguji kembali validitas analisis pembelajaran dan asumsi yang berkaitan dengan perilaku awaldan karakteristik siswa.
Prosedur evaluasi perlu dilakukan terhadap semua aspek program pembelajaran tanpa harus menunggu seluruh komponen mulai dari analisis, disain, pengembangan dan evalusi lengkap serta dilakukan secara terbuka.
Tujuan utama langkah ini adalah untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas program pembelajaran.
10. Merancang dan mengembangkan evaluasi sumatif Evaluasi sumatif merupakan puncak evaluasi untuk mengukur efesiensi dan efektifitas pembelajaran.
Langkah terakhir ini sering dipandang sebagai bagian di luar disain pembelajaran karena dilakukan setelah seluruh komponen lengkap dan dilakukan evaluasi formatif serta telah dilakukan revisi secukupnya sesuai dengan standar yang digunakan oleh perancang pembelajaran.
Evaluasi sumatif tidak melibatkan perancang program tetapi melibatkan penilai independen.
Konsep yang menarik dari model Dick & Carey adalah sebagai berikut:
Mengidentifikasi tujuan pembelajaran
Identifikasi tujuan pembelajaran dapat dilakukan melalui empat pendekatan yaitu pendekatan Subject Matter Expert (SME), focus pada isi, mandat administrasi dan daya guna teknologi. Keempat pendekatan ini mampu mengidentifikasi tujuan pembelajaran secara akurat.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: