BPJS Kesehatan Cabang Kotabumi Gencar Berikan Sosialisasi Pada Masyarakat

BPJS Kesehatan Cabang Kotabumi Gencar Berikan Sosialisasi Pada Masyarakat

-Foto dok BPJS Kesehatan cabang Kotabumi for Radar Lampung.-

RADARLAMPUNG.CO.IDBPJS Kesehatan Cabang Kotabumi gencar melaksanakan kegiatan Pemberian Informasi Langsung (PIL) guna meningkatkan pemahaman peserta pada ketentuan JKN terkini di rumah sakit sekitar cabang.

Ditemui di tempat terpisah, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kotabumi Wahyu Santoso menjelaskan bahwa pihaknya gencar memberikan informasi langsung kepada masyarakat.

Selain untuk meningkatkan wawasan terkait JKN, seluruh masyarakat yang hadir dalam kegiatan PIL juga bisa menyampaikan aspirasi dan memberikan saran demi kemajuan Program JKN di Kabupaten Lampung Utara.

“Seperti beberapa waktu yang lalu kami melakukan kegiatan PIL di rumah sakit, khususnya mengedukasi pasien hemodialisis terkait manfaat dan prosedur layanan dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)," ujar Wahyu.

BACA JUGA:BPJS Kesehatan Tanamkan Budaya Anti Korupsi dan Anti Gratifikasi dalam Program JKN

Harapan mereka, tentu peserta JKN yang menjalani cuci darah dapat memanfaatkan manfaat JKN secara maksimal dan mengakses layanan kesehatan yang mereka butuhkan dengan tepat.

"Dengan akses ke perawatan kesehatan yang terjamin, pasien hemodialisis dapat meningkatkan kualitas hidup mereka,” ujar Wahyu.

Berbagai kemudahan telah ditawarkan BPJS Kesehatan untuk dinikmati seluruh pesertanya, salah satunya dengan penggunaan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada KTP sebagai identitas tunggal peserta JKN. 

Wahyu menjelaskan, saat ini peserta JKN cukup menunjukkan NIK untuk mengakses layanan di fasilitas kesehatan.

BACA JUGA:Ratusan BPJS untuk Warga Miskin Dinonaktifkan, Begini Tanggapan Pemkab Lampung Timur

Harapannya langkah itu akan meningkatkan kemudahan layanan dan efisiensi administrasi.

Agar pasien hemodialisis tetap dapat menjalani tindakan cuci darah dan mengakses layanan kesehatan lainnya dengan ditanggung JKN.

"Peserta wajib memastikan kepesertaannya dalam Program JKN selalu aktif dengan membayar iuran secara rutin setiap bulan," katanya.

BPJS Kesehatan telah menyediakan lebih dari 950 ribu kanal pembayaran untuk memudahkan peserta JKN membayar iuran melalui mitra perbankan, jaringan retail, jaringan gerai tradisional hingga e-Commerce. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: