Efisiensi Biaya Kertas, Srikandi Siap Diterapkan di Bandar Lampung

Efisiensi Biaya Kertas, Srikandi Siap Diterapkan di Bandar Lampung

Sekkot Bandar Lampung Iwan Gunawan.--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Guna efisiensi biaya kertas dan lainnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung segera menggunakan aplikasi Srikandi buatan pusat.

Sekkot Bandar Lampung Iwan Gunawan mengatakan, Srikandi adalah aplikasi umum bidang kearsipan yang mendukung pengelolaan data dengan akses elektronik.

"Srikandi merupakan aplikasi baru dari pemerintah pusat dalam rangka menyimpan dan menggunakan arsip Pemerintah secara lebih efektif dan efisien," katanya, Rabu, 13 Desember 2023.

Iwan menjelasakan, srikandi merupakan aplikasi yang berbasis elektronik dengan cara kerja mentransformasikan arsip dari manual ke digital.

BACA JUGA:Dekranasda Tanggamus Tampilkan Baju Batik dari Pematang Sawa dan Semaka Pada Lampung Fashion Tendance 2023

"Ini gerakan nasional, jadi setiap daerah harus menggunakan aplikasi yang sudah disediakan oleh pusat," jelasnya.

Dengan penggunaan aplikasi ini secara tidak langsung pemerintah terkait telah melakukan efisiensi biaya pembelian kertas yang digunakan untuk arsip manual selama ini.

"Tentunya mengurangi bahan-bahan seperti kertas dan lainnya," ucapnya.

Lebih jauh kata Iwan, nanti setiap OPD yang berada pada lingkup Pemerintahan Kota Bandar Lampung diharuskan mempunyai satu IT yang menguasi aplikasi tersebut.

BACA JUGA:Cek Perkembangan Pengumuman Hasil Uji Kompetensi PPPK Lampung Timur

"Cara kerjanya pada setiap OPD terdapat admin khusus arsip yang teritegrasi dengan big data Pemkot Bandar Lampung dan pusat, tapi teknisnya ada di Dinas Kearsipan," tandasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: