Masyarakat Pulau Tabuan Tanggamus Lampung Siapkan Lahan untuk Tempat Pembangunan Puskesmas Rawat Inap

Masyarakat Pulau Tabuan Tanggamus Lampung Siapkan Lahan untuk Tempat Pembangunan Puskesmas Rawat Inap

Masyarakat Pulau Tabuan, Kecamatan Cukuh Balak, Kabupaten Tanggamus Lampung, telah menyediakan lahan tanah untuk lokasi atau tempat pembangunan Puskesmas di Pulau tersebut.--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Masyarakat Pulau Tabuan, Kecamatan Cukuh Balak, Kabupaten Tanggamus Lampung, telah menyediakan lahan tanah untuk lokasi atau tempat pembangunan Puskesmas di Pulau tersebut.

Ini seiring telah diusulkannya pembangunan Puskesmas rawat inap di Pulau yang memiliki 4 Pekon (desa) itu, kepada kementerian kesehatan (Kemenkes).

Camat Cukuh Balak, Alsep Rizam mengatakan, hibah lahan untuk lokasi Pembangunan Puskesmas, telah disampaikan masyarakat Pulau Tabuan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Tanggamus.

"Artinya, lahan untuk lokasi atau tempat pembangunan Puskesmas rawat inap telah disediakan oleh masyarakat," kata Camat.

BACA JUGA:Staffnya Diduga Jadi Oknum Koordinator Parkir Liar, Kadisnaker Bandar Lampung Buka Suara

Karena, lanjutnya, masyarakat Pulau Tabuan sangat berharap Pemerintah dapat membangun Puskesmas rawat inap di daerah mereka.

Sebab, selama ini, jika ada warga yang sakit dan ingin berobat, akses untuk sampai ke pasilitas kesehatan harus melalui laut.

Sementara jarak tempuh dalam kondisi cuaca laut baik menurut Camat Alsep Rizam dengan tujuan Puskesmas Putihdoh Cukuh Balak membutuhkan waktu sekitar 1 jam lebih. Jika cuaca laut lagi buruk maka waktu tempuh akan lebih lama lagi.

"Nah atas kondisi inilah maka masyarakat Pulau Tabuan sangat mengharapkan ada Puskesmas di daerah mereka. Agar jika ada warga yang sakit bisa cepat mendapat pertolongan pengobatan di Puskesmas,"  tuturnya.

BACA JUGA:3 Opsi Layanan DAMRI Dari Stasiun Rangkasbitung Menuju Pantai Sawarna Lebak Banten, Tarif Mulai Rp 50 Ribu

Camat juga menerangkan, masyarakat di Pulau Tabuan bermukim di empat Pekon (Desa), yakni, Pekon Kuta Karang, Sawang Balak, karang Buah, dan Suka Banjar.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, usulan pembangunan Puskesmas rawat inap di Pulau Tabuan telah disampaikan Pj Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan ke Kementerian kesehatan (Kemenkes) saat tim dari Tanggamus dipimpin Pj bupati melakukan kunjungan kerja ke Kementerian kesehatan beberapa waktu lalu.

Pemkab Tanggamus, Lampung mengusulkan pembangunan puskesmas rawat inap Pulau Tabuan, Kecamatan Cukuh Balak.

Selian Puskesmas diusulkan juga usulan rehabilitasi fasilitas sarana prasarana RSUD Batin Mangunang Kota Agung serta  pembangunan laboratorium kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: