Tim Jitupasna Pesbar Lampung Akan Lakukan Pengkajian Pasca Bencana di Pekon Pemerihan dan Penyandingan

Tim Jitupasna Pesbar Lampung Akan Lakukan Pengkajian Pasca Bencana di Pekon Pemerihan dan Penyandingan

Tim Pengkajian Kebutuhan Pascabencana (Jitupasna) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar)rencana segera melakukan pengkajian kebutuhan pascabencana yang terjadi di Pekon Pemerihan dan Penyandingan. Foto Dok --

RADARLAMPUNG.CO.ID - Tim Pengkajian Kebutuhan Pascabencana (Jitupasna) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar)rencana segera melakukan pengkajian kebutuhan pascabencana yang terjadi di Pekon Pemerihan dan Penyandingan, Kecamatan Bangkunat, Kabupaten Pesbar.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pesbar, Imam Habibudin, S.Hut., M.Si., mengatakan, tim Jitupasna Kabupaten setempat telah melakukan pengecekan dan survey kelokasi rumah warga yang rusak tertimpa pohon tumbang di Pekon Pemerihan, dan rumah warga yang kebakaran di Pekon Penyandingan Kecamatan Bangkunat.

“Tim Jitupasna yang kelokasi sekaligus menyerahkan bantuan itu dari BPBD dan juga Dinas Sosial (Disos) Kabupaten Pesbar,” katanya.

BACA JUGA:3 Pilihan Koleksi Vespa Primavera 2024, Cek Spesifikasi Terbaru Lengkap Dengan Harganya

BACA JUGA:Program KPR Green Financing BRI Tawarkan Rumah Murah Sembari Jaga Kelestarian Lingkungan

Dijelaskannya, dalam pengkajian yang dilakukan tim itu juga termasuk pengkajian mengenai dampak pasca musibah tersebut.

Sehingga, itu akan diketahui kerugian masing-masing warga yang menjadi korban bencana itu. Dengan begitu, Pemkab Pesbar juga akan menghitung mengenai bantuan materil yang akan direalisasikan.

Karena untuk bantuan materil itu nanti akan dibahas pada tim Jitupasna Kabupaten.

BACA JUGA:Kenali 5 Prinsip Pembiayaan Pinjaman Syariah Sekaligus Keuntungannya

BACA JUGA:Sebagian Tanaman Padi Rubuh dan Mati di Metro, Tapi tak Terdampak Hasil Panen

“Tim Jitupasna Kabupaten Pesbar ini juga terdiri dari beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dilingkungan Pemkab Pesbar, artinya bukan hanya BPBD dan Disos saja, namun juga ada dari Dinas Kesehatan, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP), serta OPD terkait lainnya,” jelasnya.

Sementara itu, kata dia, terkait dengan bantuan yang diserahkan dari tim Jitupasna seperti BPBD Pesbar itu berupa bantuan paket kebutuhan bahan pokok (sembako) dan beras.

Sedangkan, bantuan dari Disos Pesbar berupa bufferstock seperti karpet, makanan siap saji, dan jenis lainnya.

BACA JUGA:Selamat! Sekkab Tanggamus Lampung Terima Penghargaan Sistem Merit 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: