Mei, Lampung Diprediksi Mulai Memasuki Musim Kering, Pemerintah Diminta Antisipasi Sektor Pertanian

Mei, Lampung Diprediksi Mulai Memasuki Musim Kering, Pemerintah Diminta Antisipasi Sektor Pertanian

Suasana lokakarya kerentanan dan resiko iklim sektor pertanian Lampung, pada Senin 19 Februari 2024 di Hotel Horison.---Foto: Prima Imansyah Permana/ Radarlampung.co.id.---

RADARLAMPUNG.CO.ID - Mitra Bentala mengajak pemerintah dan stekholder terkait untuk mengantisipasi kerentanan perubahan iklim di sektor pertanian yang ada di Provinsi Lampung.

Itu dilaksanakan pada lokakarya yang dilakukan Mitra Bentala dengan tema kerentanan dan resiko iklim sektor pertanian Lampung, pada Senin 19 Februari 2024 di Hotel Horison.

Sebab, Lampung merupakan salah satu lumbung pangan nasional terutama untuk padi atau beras yang harus dilakukan antisipasi perubahan iklim guna menjaga produksinya.

Direktur Eksekutif Mitra Bentala, Rizani mengatakan, perubahan iklim ini menjadi salah satu kebijakan pemerintah pusat untuk menentukan arah pembangunan.

BACA JUGA:Perkara Surat Suara Tercoblos Duluan, Caleg Demokrat Lampung Terkesan Bergeming Usai Klarifikasi Bawaslu

Ada empat sektor yang paling terdampak pada perubahan iklim, yaitu sektor pertanian, pesisir dan laut, air, serta sektor kesehatan.

"Khusus hari ini Mitra Bentala membicarakan tentang bagaimana sektor pertanian itu yang paling terdampak akibat perubahan iklim," ujar Rizani, Senin 19 Februari 2024.

Kata Rizani diketahui bersama, bahwa pada 2023 sampai akhir tahun terjadi kemarau panjang atau fenomena el nino. Tentunya itu berpengaruh pada sistem pertanian.

"Misalnya di sawah, kalau tidak ada air maka masyarakat tidak bisa melakukan kegiatan budidaya pertaniannya," ucapnya.

BACA JUGA:Cara Mudah Mengajukan Kredit Syariah Mobil Matic Dengan Cicilan Rendah dan DP 0 Persen di BSI OTO 2024

"Kemudian juga mungkin waktu tanam juga akan berubah, dan itu akan mempengaruhi dari sisi pendapatan merupakan ketersediaan kita," sambutannya.

Untuk itu, dampak tersebut dibahas dan dicarikan solusi pada lokakarya yang dilakukan Mitra Bentala hari bersama stekholder terkait.

"Masyarakat akan bercerita tentang situasi yang mereka hadapi dan berharap sebenarnya pemerintah itu memperhatikan sektor-sektor terutama pertanian dan memberikan dukungan," tuturnya.

Disinggung gambaran iklim untuk sektor pertanian di tahun 2024 ini, Rizani menilai tidak jauh berbeda dengan yang terjadi di tahun 2023 lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: