Mei, Lampung Diprediksi Mulai Memasuki Musim Kering, Pemerintah Diminta Antisipasi Sektor Pertanian

Mei, Lampung Diprediksi Mulai Memasuki Musim Kering, Pemerintah Diminta Antisipasi Sektor Pertanian

Suasana lokakarya kerentanan dan resiko iklim sektor pertanian Lampung, pada Senin 19 Februari 2024 di Hotel Horison.---Foto: Prima Imansyah Permana/ Radarlampung.co.id.---

BACA JUGA:5 Rekomendasi Motor Listrik yang Mirip Vespa, Desain Modern Bergaya Klasik

Juga dengan memanfaatkan Bendungan Way Rarem di Kabupaten Lampung Utara.

Di aliran Sekampung sistem memili area persawahan sekitar 55 ribu hektar yang didominasi berada di Kabupaten Lampung Tengah dan Lampung Timur.

"Untuk menjaga ketahanan pangan kita harus terus tanam. Karena Sekampung sistem ini mulai dari Tanggamus yang dominasi peta pertanian di Lampung," ungkapnya.

Saat ini aliran Sekampung sistem sudah banyak dilakukan perbaikan. Begitu juga dengan Bendungan Margatiga jika sudah selesai.

BACA JUGA:Bagaimana Hukum Sholat Bagi Laki-Laki yang Mengikat Rambut? Simak Penjelasannya

"Kalau sudah selesai semua dari 55 ribu hektar lahan sawah ini kita punya target lahan sawah 72 sampai 73 hektar. Mudah-mudahan kita bisa lebih potensi untuk lahan pertanian di Lampung," ungkapnya.

Ia juga mengklaim meskipun musim panen padi akan masuk pada Maret 2023, ketersediaan air untuk lahan sawah di Lampung aman.

"Air mudah-mudahan cukup. Pertanian tidak hanya soal air, tapi juga ketersediaan bibit, pupuk, pengolahan tanah, alsintan, dan lainnya. Jadi sinergi harus di lakukan," ucapnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: