Andalkan Aplikasi Sikep Temen, Urus KTP dan Administrasi Kependudukan di Tulang Bawang Bisa dari Rumah

Andalkan Aplikasi Sikep Temen, Urus KTP dan Administrasi Kependudukan di Tulang Bawang Bisa dari Rumah

Plt. Kepala Disdukcapil Tulang Bawang Akhmad Suharyo-Dokumentasi -

RADARLAMPUNG.CO.ID - Pemkab Tulang Bawang melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) terus berinovasi memberikan pelayanan publik terbaik kepada masyarakat.

Salah satu inovasi yang diandalkan Pemkab Tulang Bawang yakni aplikasi Sistem Administrasi Kependudukan Terpadu dan Menyenangkan (Sikep Temen). 

Aplikasi Sikep Temen banyak memberikan manfaat kepada masyarakat. Lewat aplikasi ini, mengurus keperluan kartu tanda penduduk (KTP) dan administrasi kependudukan (Adminduk) lainnya bisa dari rumah. 

BACA JUGA:Suara Masuk 80,73 Persen, Berikut Nama Caleg Dengan Perolehan Tertinggi Pemilu 2024 Dari Dapil 1 Tanggamus

"Aplikasi Sikep Temen diharapkan banyak memberikan pelayanan adminduk dengan cepat, mudah dan tanpa antri," kata Plt. Kepala Disdukcapil Tulang Bawang Akhmad Suharyo, Selasa 20 Februari 2024.

Suharyo melanjutkan, dengan hadirnya aplikasi ini diharapkan juga mengurus keperluan adminduk dapat dilakukan dari rumah. Dengan catatan sinyal internet harus dalam keadaan baik.

Aplikasi Sikep Temen sendiri dapat melayani beberapa keperluan adminduk. Mulai dari KTP, kartu keluarga, mutasi penduduk, kartu identitas anak (KIA), akte kelahiran, akte kematian, akte perceraian hingga kutipan akte perkawinan.

BACA JUGA:Waduh! Warga BNS Nyaris Diterkam Harimau

Meski begitu, lanjut Suharyo, bagi masyarakat yang baru mengurus keperluan E-KTP tetap harus datang ke Mal Pelayanan Publik (MPP).

Hal tersebut dikarenakan masyarakat harus melakukan perekaman sidik jari dan mata terlebih dahulu agar tidak terjadi kesalahan dalam pendataan.

Mantan Inspektur Tulang Bawang tersebut menjelaskan, aplikasi Sikep Temen diakuinya masih mengalami beberapa kendala, terkhusus bagi masyarakat di pedesaan. 

BACA JUGA:Satu Dari 11 Kecamatan di Pesawaran Baru Selesai Rampungkan Pleno Perhitungan Hasil Pemilu

Akan tetapi, pihaknya akan terus berbenah agar pelayanan kepada masyarakat dapat dilakukan semudah, seefektif dan seefisien mungkin.

Dilanjutkannya, inovasi melalui aplikasi Sikep Temen sendiri telah dimulai sejak Januari 2024. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: