Kasus DBD Tinggi, DPRD Lampung Desak Dinkes Lakukan Upaya Antisipasi

Kasus DBD Tinggi, DPRD Lampung Desak Dinkes Lakukan Upaya Antisipasi

Sekretaris Komisi V DPRD Lampung Mikdar Ilyas.---Foto: Prima Imansyah Permana/ Radarlampung.co.id.---

BACA JUGA:Mau Bayar Tagihan Jadi Lebih Hemat? Begini Cara Klaim Voucher DANA Bisa Untung Sampai 50 Persen

"Mumpung ini masih kategori masih bisa diatasi, kalau didiamkan ini bisa kayak jamur bukan ratusan lagi, malah puluhan ribu," sambungnya.

Diketahui, DBD atau penyakit dengue masih menjadi permasalahan masyarakat di Indonesia. 

Masih banyak daerah endemis dengue. Di mana angka kesakitan dan kematian akibat dengue ini juga berfluktuasi dan cenderung meningkat pada musim hujan. 

Dengue ini ditularkan dari vektornya nyamuk Aedes. Nyamuk Aedes ini biasanya berkembang biak dan bertelur di air yang bersih dan menggenang. 

BACA JUGA:Dihadiri Ibu Negara dan Ibu Wury Ma'ruf Amin, TP PKK Pusatkan Gerakan Tanam Cabai di Kabupaten Bogor

Biasanya nyamuk bertelur di bak mandi, ember, container, dan lainnya. Untuk itu perlu pencegahan dengan PSN 3M Plus melalui G1R1J.

G1R1J atau gerakan satu rumah satu Jumantik merupakan bentuk implementasi dari PSN 3M Plus dengan menentukan satu jumantik untuk memantau dan memberantas jentik di rumahnya sendiri.

G1R1J perlu dilaksanakan, pertama untuk memutus mata rantai penularan dengue dengan mengendalikan vektornya, yaitu nyamuk Aedes.

Kedua, sebagai pencegahan penularan dengue di lingkungan rumah sendiri sehingga keluarga akan terhindar dari penyakit dengue. Ketiga sebagai pencegahan konfeksi dengue.

BACA JUGA:Rekomendasi HP Ram Besar dan Terbaru 2024 Dari Seri Vivo V30 Pro 5G, Cek Fiturnya

Cara untuk melaksanakan G1R1J yang merupakan implementasi dari PSN 3M Plus. M pertama, menguras dan menyikat tempat penampungan air minimal satu kali dalam seminggu. 

M kedua menutup tempat-tempat penampungan air. M ketiga, mendaur ulang barang bekas yang berpotensi untuk menampung air. 

Dan untuk plus menghindari gigitan nyamuk dengan menggunakan losion anti nyamuk, spray anti nyamuk, dan menanam tanaman anti nyamuk seperti menanam bunga lavender.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: