Hukum Mencicipi Masakan saat Puasa, Bisa Bikin Batal atau Tidak?

Hukum Mencicipi Masakan saat Puasa, Bisa Bikin Batal atau Tidak?

Hukum mencicipi masakan saat puasa. ILUSTRASI/FREEPIK--

RADARLAMPUNG.CO.ID – Berikut ini merupakan kajian Islam tentang hukum mencicipi masakan saat puasa di bulan Ramadhan.

Hukum mencicipi makanan atau masakan saat berada dalam kondisi puasa ini dapat diketahui berdasarkan penjelasan al-Hadits.

Ketika berpuasa setiap umat Islam tidak boleh makan dan minum mulai dari adzan Subuh berkumandang hingga datang adzan Magrib. Atau sejak imsak hingga datangnya waktu berbuka puasa.

Allah Subhanahu wa Ta’ala di dalam Al-Qur’an Surat Al-Baqarah ayat 183 tentang kewajiban berpuasa di bulan Ramadhan:

BACA JUGA: Bolehkah Mencicipi Masakan Saat Puasa? Begini Penjelasan Hadits

“Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa,”(QS Al-Baqarah:183).

Hal ini tentunya menjadi pertanyaan yang masih banyak menjadi sesuatu yang ganjal di hati. Apalagi sebelum berbuka pasti menyiapkan makanan terlebih dahulu.

Lantas bagaimana dengan orang-orang yang menyiapkan makanan untuk berbuka puasa? Apakah puasanya jika orang tersebut batal atau tidak jika mencicipi masakannya?

Dijelaskan dalam salah satu ceramah Ustadz Abdul Somad. Beliau mengatakan bahwa dalil yang memperbolehkan mencicipi masakan adalah mazhab Hanbali.

BACA JUGA: Resep Steak Tempe Lada Hitam Solusi Menu Buka Puasa di Rumah, Dijamin Jadi Favorit Keluarga Tercinta

“Yang membolehkan mencicipi masakan itu mazhab Hanbali, karena rasa itu di ujung lidah,”kata Ustadz Abdul Somad menjelaskan.

Kemudian beliau juga mengungkapkan bahwa dirinya secara pribadi tidak mengamalkan perkara ini. Ustadz Abdul Somad mengaku dirinya tak pernah mencicipi masakan yang dibuat dan hanya mengira-ngira saja.

“Tapi saya pribadi tidak mengamalkan,” ungkapnya.

“Saya kalau masak bulan puasa saya agak-agak aja, tak pernah saya cicipi,” lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: