Cara Mengatasi Mabuk Laut saat Perjalanan Mudik Lebaran 2024

Cara Mengatasi Mabuk Laut saat Perjalanan Mudik Lebaran 2024

Ilustrasi mabuk laut saat perjalanan mudik lebaran 2024. FOTO/BERBAGAI SUMBER--

RADARLAMPUNG.CO.ID – Berikut ini merupakan tips kesehatan tentang cara mengatasi mabuk laut saat melakukan perjalanan mudik Lebaran 2024.

Mabuk itu sendiri sebenarnya dipicu oleh adanya pergerakan secara lateral dan vertikal yang dialami secara berulang.

Orang yang rentan mengalami mabuk di perjalanan seperti ini biasanya dialami anak usia 6 tahun atau yang paling sering 9 tahun kemudian menurun saat remaja.

Mabuk perjalanan lebih sering dialami oleh Perempuan, yang bisa disebabkan ketidakseimbangan hormon saat hamil dan menstruasi.

BACA JUGA:BMKG Imbau Pemudik Aktif Pantau Informasi Cuaca Sebelum Mudik Lebaran 2024

Adapun gejala mabuk perjalanan yang dialami pun bervariasi mulai dari mual, muntah, keringat dingin, pucat, sakit kepala, lemas, menurunnya nafsu makan, hingga peningkatan produksi air liur.

Selain ituo orang yang lebih sering aerobic atau fitness disebut lebih rentan karena adanya pengaruh aktivitas sistem saraf autonomy.

Kemudian penderita vertigo, kelainan keseimbangan, penyakit meniere dan migraine pun lebih berisiko mengalami mabuk di perjalanan.

Selanjutnya bagi para pemudik yang melintasi jalur laut untuk melakukan penyebrangan menggunakan kapal tentunya tak jarang yang sering mengalami mabuk perjalanan.

BACA JUGA:Sop Telur Puyuh Menggugah Selera, Si Kecil Makin Bersemangat Jalani Puasa

Untuk mengatasi mabuk laut saat sedang dalam perjalanan menuju kampung halaman pada momen mudik lebaran 2024 ini.

Cara pertama untuk mengatasinya adalah menghindari makanan berminyak yang dapat meningkatkan risiko mabuk laut. Tapi cobalah untuk mengunyah biscuit.

Untuk mengurangi rasa mabuk perjalanan yang satu ini pun dapat dilakukan dengan mencari udara segar dan melihat pemandangan sekitar.

Agar tidak terlalu terhuyung-huyung akibat pergerakan kapal yang menembus arus ombak, maka sebaiknya tutup mata saja untuk mengindari rasa mualnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: