Iklan Bos Aca Header Detail

Prof Syarief Makhya, Guru Besar Unila ke 120, Guru Besar Bidang Studi Pemerintahan Daerah dan Kebijakan Publik

Prof Syarief Makhya, Guru Besar Unila ke 120, Guru Besar Bidang Studi Pemerintahan Daerah dan Kebijakan Publik

Prof Syarief Makhya Jadi Guru Besar Unila ke 120, Guru Besar Bidang Studi Pemerintahan Daerah dan Kebijakan Publik . Foto Anggi Rhaisa/Radar Lampung--

BACA JUGA:Unila Jalin Kerjasama Balitbang Diklat Kemenag RI, Mou Penguatan Moderasi Beragama

Untuk mendapatkan gelar profesor atau guru besar, sambung Prof Syarief Makhya, salah satu yang paling pokok adalah membuat karya ilmiah bereputasi internasional, track record bagus, aktif dalam tridharma perguruan tinggi.

"Saya lebih dari 25 tahun terlibat dalam struktur di kampus. Pernah juga sebagai dekan dan wakil dekan,"jelas Prof Syarief Makhya.

Dalam pengukuhan guru besarnya, Prof Syarief Makhya menyampaikan orasi ilmiah berjudul "Dinamika Politik dan Kebijakan Publik" . 

BACA JUGA:10 Prodi Terfavorit Jalur Mandiri Unila, Unila Terima 1.787 Mahasiswa Baru Jalur Mandiri

BACA JUGA:Unila - Kemenko PMK Dukung Realiasasi Gerakan Revolusi Mental

Menurut Prof Syarief, alasan memilih judul orasi ilmiah ini untuk menjelaskan era baru penyelenggaraan pemerintahan daerah dalam 20 tahun terakhir atau sejak mulai diberlakukannya Pilkada secara langsung yang berdampak terhadap kebijakan publik.

Prof Syarief Mahya, mengatakan proses pilkada sebagai sebuah proses politik daerah berimplikasi pada penguasaan sumber daya politik dan akan menentukan arah kebijakan publik di daerah.

Fenomena ini seringkali didominasi oleh pengaruh kekuasaan kepala daerah yang sangat kuat pada saat berkuasa yang bisa saja tidak selaras dengan kepentingan kepala daerah yang menggantikannya.

BACA JUGA:Menakar Kepuasan Publik Terhadap Kepemimpinan Terhadap Kinerja Bupati Lampung Selatan, Ini Kata Nanang Ermanto

BACA JUGA:FGD Lampung Sejahtera Menuju Indonesia Emas: Bahas Pemerintahan, Layanan Publik dan Perencanaan Wilayah

"Dalam fenomena tersebut, saya mencoba membahas bagaimana dinamika politik mempengaruhi kebijakan publik dan mengapa seringkali kebijakan yang dirancang dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat gagal dalam implementasinya,"ucap Prof Syarief Makhya pada 1 Agustus 2024.

Sementara, Dalam sesi wawancara Rektor Unila, Prof Lusmeilia Afriani, menyampaikan bahwa Prof Syarief Makhya merupakan Guru besar ke 120 yang telah dikukuhkan oleh Universitas Lampung (Unila).

"Dengan pengukuhan ini, Alhamdulilah Unila sudah mengukuhkan 120 guru besar,"jelasnya.

 BACA JUGA:Mantapkan Pelayanan Masyarakat, Pemkab Tulang Bawang Gelar Forum Konsultasi Publik, Ini Tujuannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: