Dosen ITERA Beri Pelatihan Strategi Pemasaran untuk UMKM Desa Patoman
Suasana Pelatihan Strategi Pemasaran untuk UMKM Desa Patoman, Kabupaten Pringsewu. Foto Tim Pengabdian Dosen Itera--
"Uang itu bukan dicari, melainkan harus dibuat,"tambah ujar Juniari.
Juniari menjelaskan bahwa pola pikir yang salah sering menjadi penghambat dalam mengembangkan bisnis.
Selain itu, riset pasar yang mendalam juga penting untuk memastikan produk yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan konsumen.
BACA JUGA:Kenaikan Harga Ikan di Pasar Gudang Lelang Tak Surutkan Minat Pembeli.
BACA JUGA:Ketersediaan Ikan di Pasar Berkurang, Angin Kencang dan Ombak Tinggi Buat Nelayan Takut Melaut
Juniari juga menekankan pentingnya kemasan yang menarik, termasuk nama merek dan logo, karena dapat memberikan dampak psikologis positif pada konsumen.
Selain itu, Juniari menegaskan bahwa suplai bahan baku harus selalu terjaga, terutama ketika ada peningkatan permintaan yang mendadak.
Narasumber turut menyoroti pentingnya menjaga hubungan baik dengan pelanggan.
BACA JUGA:Di Tengah Terik Matahari, Presiden Jokowi Resmikan Pasar Pasir Gintung
BACA JUGA:Dinas Perdagangan Akan Monitoring Peredaran Minyakita di Pasar Tradisional
"Masukan dari pelanggan sangat penting, tidak hanya untuk mengevaluasi produk yang sudah dipasarkan tetapi juga
untuk mempromosikan produk baru," jelas Juniari yang disampaikan Ayu kepada Radar Lampung pada Selasa, 17 September 2024.
Diakhir wawancara, Ayu menyampaikan,bahwa kegiatan pengabdian dosen Itera mengharapakan UMKM di Desa Patoman, Kabupaten Pringsewu dapat semakin berkembang.
BACA JUGA:Tim Sapa RMD Gelar Aksi Sosial Bagi-bagi Nasi di Pulau Pasaran Bandar Lampung
BACA JUGA:Dinas Perdagangan Akan Monitoring Peredaran Minyakita di Pasar Tradisional
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: