Dosen Teknokrat Perdalam AI Dalam Meningkatkan Feedback di Perguruan Tinggi

Dosen Teknokrat Perdalam AI Dalam Meningkatkan Feedback di Perguruan Tinggi

Foto dok Universitas Teknokrat Indonesia.--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Dosen Universitas Teknokrat Indonesia (UTI) yang sedang studi doktor di Monash University, Australia, Ahmad Ari Aldino, tengah menekuni riset tentang learning analytics meningkatkan kualitas feedback yang diberikan oleh tutor di institusi pendidikan tinggi.

Fokus utamanya adalah pada pendekatan learner-centered feedback, yaitu pendekatan yang menekankan pada feedback yang lebih personal, relevan, dan mendukung kebutuhan individu mahasiswa.

Dalam riset sebelumnya, Aldino telah menganalisis penggunaan AI tools, termasuk predictive modeling dan generative AI, dalam mendukung proses penyusunan feedback yang lebih efektif oleh tutor.

Studi ini berangkat dari tantangan yang dihadapi para pendidik di tengah meningkatnya jumlah mahasiswa dan kompleksitas kebutuhan pendidikan.

BACA JUGA:Rekomendasi Tablet Low Budget Dalam Seri Realme Pad 2 Lite 2024

Memberikan feedback yang konsisten dan mendalam untuk setiap mahasiswa menjadi tugas yang semakin sulit.

Oleh karena itu, Aldino mengeksplorasi bagaimana teknologi, seperti predictive modeling dan generative AI, dapat membantu meringankan beban tutor sambil tetap menjaga kualitas feedback yang diberikan.

Aldino melanjutkan risetnya berfokus pada perbandingan antara predictive modeling dan generative AI dalam membantu tutor memberikan feedback kepada mahasiswa.

Penelitian ini bertujuan untuk memahami seberapa efektif kedua AI tools ini dalam mendukung tutor menyusun feedback yang berkualitas, sesuai dengan prinsip learner-centered feedback.

BACA JUGA:Oppo Rilis Mid-Range Terbaru Dalam Seri K12 Plus, Cek Spesifikasi dan Harga Oktober 2024

"Predictive modeling diharapkan dapat membantu tutor mengidentifikasi komponen feedback yang hilang atau perlu ditambahkan," katanya.

Sementara itu, generative AI bertugas memparafrasekan feedback yang diberikan tutor agar lebih sesuai dengan konteks dan kebutuhan pembelajaran mahasiswa.

Melalui studi ini, Aldino akan menguji sejauhmana masing-masing AI tools mampu meningkatkan kualitas feedback yang diberikan tutor.

Selain itu, dia juga ingin melihat bagaimana kedua alat tersebut memengaruhi proses penyusunan feedback secara keseluruhan, termasuk perbedaan dalam waktu yang dibutuhkan dan persepsi tutor terhadap efektivitas alat-alat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: