Awas! Jangan Asal Klik File APK Undangan Pernikahan di WhatsApp, Saldo Tabungan Bisa Terkuras

Jumat 27-01-2023,18:00 WIB
Reporter : Alam Islam
Editor : Alam Islam

Kemudian tertulis, “Merupakan suatu kehormatan bagi kami apabila Ernawati dapat menghadiri proses pernikahan kami pada undangan di bawah ini”.

Pengirim pesan WhatsApp juga mengirimkan file APK yang tertulis lokasi resepsi.  

Unggahan tersebut mendapat beragam komentar. Diantaranya dari warga yang mengaku menjadi korban.

Seperti disampaikan melalui akun Instagram @winarti5278.

BACA JUGA: Biar Paham! Ini Beda Kartu Prakerja Skema Normal dan Sebelumnya

Saya sebagai salah Satu korban harus nya pihak bank menindaklanjuti masalah ini karna tidak semua masyarakat paham terhadap hal ini termasuk saya apa lagi baru pemula kami Mempercai bank sebagai akses tabungan teraman tapi ketika uang hilang di ambil oknum yang tidak bertanggung jawab pihak bank juga tidak mau mengganti uang yang hilang lalu bagaimana solusinya?,” tertulis dalamakun tersebut. 

Menanggapinya, pihak BRI memberikan penjelasan bahwa transaksi yang dilakukan sudah berhasil. Kemudian mengimbau pemilik rekening berhati-hati dengan modus penipuan.

Hai Sobat BRI 'winarti5278', kami informasikan transaksi perbankan dengan respon sukses dan menggunakan otoritas PIN dan atau Password menjadi tanggung jawab pemilik rekening, sehingga pihak Bank tidak berkewajiban untuk melakukan pengembalian dana. Mohon untuk selalu berhati-hati atas informasi yang mengatasnamakan Bank BRI. Bank BRI tidak pernah meminta data pribadi Nasabah atau kode OTP, melalui SMS, Telepon, Email, Media Sosial maupun Media lainnya. Untuk menghindari penipuan, mohon selalu jaga kerahasiaan PIN, mToken dan kode OTP,” tertulis balasan dari akun Instagram @bankbri_id.

Sebelumnya Kementerian Komunikasi dan Informatika juga menjelaskan soal hoaks program penggantian biaya transaksi nasabah dari BRI. 

BACA JUGA: Partai Gerindra Gelar Rakerda, Lampung Jadi Daerah Prioritas Pemenangan Prabowo

Dilansir dari kominfo.go.id, Jumat 27 Januari 2023, beredarnya program penggantian biaya transaksi nasabah dari BRI di media soaial diduga penipuan.

Tujuannya mendapatkan data-data penting nasabah BRI.

Di mana, akun WhatsApp dan situs yang beredar di media sosial adalah palsu. 

Akun media sosial resmi BRI memiliki centang biru (verified) dan WhatsApp resmi BRI hanya nomor 08121214017. 

BACA JUGA: Peringkat Pertama di Indonesia, Realisasi Belanja APBD Provinsi Lampung Tahun 2022 Capai 97,25 Persen

Karena itu nasabah BRI diminta untuk lebih berhati-hati terhadap akun-akun palsu bermodus penipuan yang mengatasnamakan bank tersebut. (*)

Kategori :