Perkonomian Provinsi Lampung Tumbuh sebesar 4,80 Persen, Ini Sektor Yang Mendominasi

Senin 05-08-2024,16:49 WIB
Reporter : Prima Imansyah Permana
Editor : Ari Suryanto

"Ketiga komponen pendorong utama pertumbuhan ekonomi Provinsi Lampung tumbuh positif,” ucapnya.

BACA JUGA:Racikan Ragam Ekspresi Seni Tersaji dalam Tubaba Art Festival 2024

BACA JUGA:Gemas! Syifa Hadju Bagikan Momen Bersama Kamari Wassink dan El Rumi

Komponen pengeluaran konsumsi rumah tangga tumbuh sebesar 4,69 persen meningkat jika dibandingkan dengan triwulan I 2024 yang tumbuh sebesar 4,67 persen. 

Komponen ekspor tumbuh sebesar 14,20 persen menguat dibandingkan triwulan sebelumnya yang tumbuh 6,10 persen ditandai dengan peningkatan volume muat barang melalui pelabuhan Panjang. 

Komponen PMTB tumbuh sebesar 3,33 persen mengalami percepatan dibandingkan triwulan I 2024 yang tumbuh sebesar 2,31 persen.

Pertumbuhan didorong oleh perayaan hari besar keagamaan, panen raya, libur sekolah yang ditandai dengan naiknya jumlah penumpang di semua moda angkutan serta peningkatan jumlah pengunjung tempat wisata.

BACA JUGA:Disambut Tarian Adat Lampung dan Polisi Cilik, AKBP Rivanda Resmi Masuk Polres Tanggamus

BACA JUGA:Universitas Teknokrat Indonesia Audiensi Ke PT Telkom Indonesia

Kemudian dari sisi lapangan usaha yang mengalami pertumbuhan tertinggi adalah lapangan usaha Transportasi dan Pergudangan sebesar 15,19 persen, 

Lalu, diikuti dengan Jasa Lainnya sebesar 9,89 persen, dan Jasa Perusahaan dengan pertumbuhan sebesar 9,44 persen. 

Menurut Atas, pertumbuhan ini didorong peningkatan seluruh aktivitas transportasi dan pergudangan yang disebabkan oleh momen mudik Lebaran dan liburan anak sekolah.

Selanjutnya jika dibandingkan antara Semester 1 2024 dengan Semester 1 2023 atau secara c-to-c, tumbuh sebesar 4,08 persen. 

BACA JUGA:Percepat Penurunan Stunting dan Tingkatkan Layanan KBKR, Pemkab Tanggamus Lampung Kolaborasi dengan Para Pihak

BACA JUGA:Kian di Atas Angin, Eva-Deddy Jilid II Dapat Tambahan Amunisi dari Golkar

Pada Semester I 2024, pertumbuhan tertinggi terjadi pada Kategori Transportasi dan Pergudangan, yang tercatat sebesar 13,37 persen, diikuti Kategori Jasa Perusahaan sebesar 9,68 persen dan Kategori Administrasi Pemerintahan sebesar 9,55 persen. 

Kategori :