Iklan Bos Aca Header Detail

Sasaran Imunisasi Tambahan di Metro Sasar Puluh Ribuan Anak

Sasaran Imunisasi Tambahan di Metro Sasar Puluh Ribuan Anak

--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) Kota Metro Tahun 2022 di-launching Wali Kota Metro Wahdi.

Wahdi mengatakan, dari data yang didapat, beberapa tahun terakhir terjadi penurunan cakupan imunisasi rutin, baik itu imunisasi dasar maupun imunisasi lanjutan yang cukup signifikan.

Terlebih, saat adanya pandemi Covid-19 yang mengakibatkan pelaksanaan imunisasi rutin tidak dapat berjalan dengan optimal. 

“Upaya penting dalam mencapai eliminasi Campak, Rubella selain penguatan imunisasi rutin tentunya, juga sifatnya massal dan tanpa memandang status imunisasi sebelumnya bagi sasaran prioritas yang telah ditetapkan," ucapnya, Senin (23/5).

"Begitu juga dengan mencapai Era Polio Global dibutuhkan upaya imunisasi kejar IPVI, untuk menutup kesenjangan imunisasi dan memastikan anak-anak terlindungi dari virus polio tipe 2,” lanjutnya.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Metro Erla Andrianti menjelaskan, dalam BIAN ini, diberikan satu dosis imunisasi Campak Rubella secara massal, tanpa memandang status imunisasi sebelumnya pada anak usia 9 bulan, sampai dengan 12 tahun.

Serta kegiatan imunisasi kejar berupa pemberian satu atau lebih jenis imunisasi untuk melengkapi status imunisasi anak usia 12 bulan sampai dengan 59 bulan.

“Dengan diberinya imunisasi tambahan dan kejar ini, akan dapat melindungi anak-anak dari 7 penyakit. Yang dapat dicegah dengan imunisasi, seperti penyakit Polio, Difteri, Tetanus, Pertus, Hepatitis B, Campak dan Rubella,” ungkapnya.

Erla menambahkan, tujuan pelaksanaan BIAN untuk mencapai dan mempertahankan kekebalan populasi pada anak yang tinggi dan merata, sebagai upaya pencegahan terjadinya KLB Penyakit Yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi (PD3I).

“Dengan tujuan khusus, menghentikan transmisi virus campak dan rubella setempat di semua kabupaten kota di wilayah Indonesia pada tahun 2023. Dan mendapatkan sertifikasi eliminasi campak dan rubella pada tahun 2026," ucapnya.

"Juga mempertahankan Indonesia bebas polio dan mewujudkan eradikasi polio Global pada tahun 2026, serta mengendalikan penyakit difteri dan pertusis. Sasaran imunisasi tambahan di Kota Metro adalah 30.840 anak dan sasaran imunisasi kejar di Kota Metro adalah 4198 anak,” pungkasnya. (rur/rls)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: