Rektor Itera Prof. I Nyoman P. Aryantha Janji Kerja Keras Ciptakan SDM Melek Paten

Rektor Itera Prof. I Nyoman P. Aryantha Janji Kerja Keras Ciptakan SDM Melek Paten

PROF. I NYOMAN P. ARYANTHA --

BANDAR LAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.IDRektor terpilih Institut Teknologi Sumatera (Itera) Prof. Dr. I Nyoman P. Aryantha menyatakan akan memikul tanggung jawab yang cukup berat dan amanah untuk mengabdi kepada kampus.

"Bekerja sekuat tenaga. Hanya itu yang bisa saya janjikan untuk menjadikan Itera kuat dan maslahat,” kata Prof. Nyoman P. Aryantha.

Terkait hal itu, ia meminta dukungan semua pihak. Mulai dari dosen, mahasiswa dan media. ”Sebab kita semua saling membutuhkan sehingga bisa melahirkan SDM yang unggul untuk membangun Sumatera. Saya terima amanah ini," tegasnya.

Prof. I Nyoman P. Aryantha juga mengungkapkan visi misi saat menduduki kursi rektor dalam empat tahun ke depan.

BACA JUGA: Selamat, Prof. I Nyoman P. Aryantha Rektor Baru Itera

"Karena ini adalah amanah kampus teknologi, kita melihat Indonesia tenaga engineeringnya sangat kurang dibandingkan negara lainnya,” ucapnya.

Karena itu, ia ingin mewujudkan kampus teknologi sebagai tempat menciptakan SDM-SDM yang kompeten dibidangnya. Kemudian benar-benar bisa menghasilkan karya intelektual yang bisa dipatenkan.

”Melek paten di akademika Itera. Sama halnya akreditasi sudah menjadi keharusan untuk segala keberhasilan atau kinerja kita," tegasnya.

Prof. Dr. I Nyoman P. Aryantha resmi terpilih sebagai Rektor Institut Teknologi Sumatera (Itera) yang baru, Kamis (9/6). Menggantikan Prof. Eng Mitra Djamal.

BACA JUGA: Kebun Raya Itera Resmi Dibuka, Jadi Konservasi Tumbuhan Khas Sumatera

Sidang diikuti anggota senat Itera serta perwakilan Kemendikbudristek, usai peringatan meninggalnya rektor terdahulu Prof. Ir. Ofyar Z. Tamin, M.Sc (Eng)., Ph.D. 

Ketua Senat Itera Prof. Sukrasno menyatakan, proses pemilihan rektor tahun 2022/2026 telah selesai dengan terpilihnya Prof. I Nyoman P. Aryantha. Ia meperoleh suara 53 persen.

Sisa suara untuk dua kadindat lainya, yakni Acep Purqon S.Si, MS.i dan Dr. Eng Imam Achmad Sadisun.

"Kami melakukan pemungutam suara. Alhamdulillah 100% seluruh anggota senat hadir. Kemudian ada perwakilan menteri 30. Dari hasil tersebut, terpilih Prof. Dr. I Nyoman Pugeg Aryantha dengan perolehan suara delapan. Artinya lebih dari 50 persen. Sisanya untuk dua kandidat lain," kata Prof. Sukrasno dalam konferensi pers, usai rapat senat.

Sementara Prof. Mitra Djamal mengucapkan selamat kepada rektor terpilih. Ia mengingatkan untuk memperjuangkan akreditasi hingga memberikan perhatian khusus pada program studi ekslusif di Itera. (mel/ais)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: