Catat, Ini Jadwal Pendaftaran dan Verifikasi Peserta Pemilu 2024 Lamtim

Catat, Ini Jadwal Pendaftaran dan Verifikasi Peserta Pemilu 2024 Lamtim

--

LAMPUNG TIMUR, RADARLAMPUNG.CO.ID - Partai politik (Parpol) calon peserta pemilihan umum (Pemilu) tahun 2024 di Kabupaten Lampung Timur perlu segera mempersiapkan diri.

Pasalnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lampung Timur segera melakukan verifikasi calon peserta Pemilu.

Ketua Komisioner KPU Lamtim Wasiat Jarwo Asmoro menjelaskan, pemungutan suara untuk memilih presiden, wakil presiden, anggota DPRRI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota rencananya akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024.

BACA JUGA:Ini Pesan Bupati Lampung Timur untuk Muli Mekhanai

Itu berdasarkan Peraturan KPU nomor 3 tahun 2022 tentang tahapan dan jadwal penyelenggaran Pemilu tahun 2024.  

Dilanjutkan, merujuk Peraturan KPU tersebut, maka tahapan Pemilu 2024 mulai dilaksanakan. Antara lain, penmdaftaran dan verifikasi peserta Pemilu yang dilaksanakan mulai 29 Juli hingga 13 Desember 2022.

Sehari kemudian dilanjtukan dengan penetapan peserta Pemilu pada 14 Desember 2022.

BACA JUGA:Kabur saat Bertemu Polisi, Ternyata Pelaku Curanmor

Ditambahkan, Pemilu di Lamtim pada 17 April 2019 lalu, diikuti oleh 17 Parpol. Masing-masing, PDIP, Golkar, PKB, Demokrat, Gerindra, NasDem, Garuda, Berkarya, PKS, Perindo, PPP, PSI, PAN dan Hanura. Sedangkan, untuk Pemilu 2024 mendatang belum dapat dipastikan berapa Parpol yang menjadi peserta.

“Jumlah parpol peserta Pemilu akan diketahui setelah tahapan pendaftaran dan verifikasi hinga penetapan,” imbuh Wasiat Jarwo Asmoro. 

Diketahui sebelumnya, guna meningkatkan partipasi masyarakat dalam Pemilu dan Pemilihan KPU Lamtim menggelar pencanangan Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3), di Desa Mulyoasri Kecamatan Bumi Agung, Kamis (16/6) lalu.  

BACA JUGA:Pemkab Lamtim Anggarkan Rp39 Miliar untuk Gaji ke 13 ASN

Wanhari selaku Komisioner KPU Lamtim Divisi Bidang Hukum menjelaskan, saat ini tahapan awal Pemilu sudah dilaksanakan. Antara lain, pemutakhiran data pemilih, penyusunan perencanaam program dan anggaran.

Sedangkan, untuk pencanangan DP3 saat ini dilaksanakan di Desa Mulyoasri Kecamatan Bumi Agung dan Taman Negeri Kecamatan Way Bungur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: