Pemkab Lamtim Anggarkan Rp39 Miliar untuk Gaji ke 13 ASN

Pemkab Lamtim Anggarkan Rp39 Miliar untuk Gaji ke 13 ASN

Kepala BPKAD Lamtim Sukismanto Aji. Foto Dwi/radarlampung.co.id--

BANDARLAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID - Jelang tahun ajaran baru, para aparatur sipil negara (ASN) Kabupaten Lampung Timur  boleh bernafas lega.

Pasalnya,  Pemerintah Kabupaten Lampung Timur telah mengalokasikan anggaran untuk menbayarkan gaji ke 13 bagi para ASN.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Lamtim Sukismanto Aji menjelaskan, pembayaran gaji ke 13 itu merupakan tindak lanjut Peraturan Pemerintah nomor 16 tahun 2022 tentang pemberian THR dan gaji ke 13 kepada ASN, pensiunan, penerima pensiun dan penerima tunjangan tahun 2022.

BACA JUGA:Tingkatkan Partisipasi Masyarakat, KPU Lamtim Canangkan DP3

Dilanjutkan, sesuai peraturan tersebut gaji ke 13 antara lain akan diberikan berdasarkan komponen gaji pokok dan tunjangan melekat. Karenanya, untuk membayar gaji ke 13, Lamtim telah mengalokasikan anggaran Rp39,6 miliar untuk 7 ribu lebih ASN.

"Gaji ke 13 yang akan dibayarkan sama dengan komponen gaji yang diterima bulan Juni 2022. Rencananya, gaji ke 13 akan dibayarkan Juli 2022," jelas Sukismanto Aji.

Ditambahkan, pembayaran gaji ke 13 itu guna membantu ASN memenuhi kebutuhan menjelang tahun ajaran baru. 

BACA JUGA:Pemkab Lamtim Mulai Proses SK Pengangkatan PPPK

Diketahui, sebelumnya Pemkab Lamtim mengalokasikan anggaran Rp37,231 miliar untuk membayar gaji ke 14 atau tunjangan hari raya (THR) untuk 7.416 ASN

Sekretaris Kabupaten Lampung Timur M. Jusuf menjelaskan, besaran THR  adalah gaji pokok ditambah tunjangan melekat. Dengan kata lain, tunjangan kinerja tidak masuk dalam komponen THR. 

Ditambahkan, rencananya THR akan dibayarkan menjelang Iedul Fitri 1443 hijriah. Sedangkan mengenai kepastian jadwalnya menunggu petunjuk tekhnis dN pelaksanaan dari pusat.

BACA JUGA:Pelanggar dan Patuh Berlalu Lintas Diberi Hadiah oleh Polres Lamtim

"Pemberian THR merupakan kebijakan pemerintah guna membantu ASN memenuhi kebutuhan menjelang Iedul Fitri," imbuh M.Jusuf. (wid/ang)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: