Alhamdulillah, Jamaah Haji Kloter Terakhir Asal Lampung Pulang dengan Selamat

Alhamdulillah, Jamaah Haji Kloter Terakhir Asal Lampung Pulang dengan Selamat

Suasana haru saat keluarga menyambut jemaah haji tiba di Asrama Haji, Rajabasa, Bandarlampung, Selasa 2 Agustus 2022. Foto M. Tegar Mujahid/Radarlampung.co.id--

BANDAR LAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID - Isak tangis tak bisa dibendung saat para jamaah haji tiba di Asrama Haji, Selasa 2 Agustus 2022.

Berdasarkan pantauan Radarlampung.co.id para keluarga yang menunggu dari siang pukul 12.30 WIB sudah ramai di gerbang pintu Asrama Haji, di Jalan Soekarno Hatta, Baypas, Rajabasa, Bandar Lampung.

Tepat pukul 16.29 WIB Delapan bis berwarna putih tiba di asrama Haji, para jamaah haji tiba langsung melakukan tes antigen yang dipersiapkan petugas terkait.

"Abah, Alhamdulillah akhirnya sampai juga" ucap sang cucu yang menanti kakeknya tiba setelah beribadah Haji.

Sementara itu, Plh Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementerian Agama Kantor Wilayah Provinsi Lampung, Akhor Wiwit Sudiono mengatakan bahwa adapun jumlah jemaah yang pada hari ini tiba sebanyak 409 jemaah yang terdiri dari beberapa wilayah di Bumi Ruwa Jurai. 

"Ya, hari ini kita kedatangan Jemaah Haji kloter terakhir yang berasal dari Pesisir Barat, Way Kanan, Bandar Lampung, Lampung Timur, dan Tanggamus, total jumlah jamaah 409 Jemaah," kata Akhor saat diwawancarai. 

Lebih lanjut, Akhor menjelaskan aduapun yang tiba hari ini. "Jadi yang datang pada hari ini adalah kloter terakhir setelah ada 8 kloter yang sudah kita terima, dengan rincian 7 kloter penuh, dan 1 gabungan dengan Banten full dengan maskapai Saudi Arabia," jelasnya.

Kemudian adapun total jemaah haji yang telah datang sampai dengan hari ini sebanyak 3,289 dari jumlah total keseluruhan yang berangkat sebanyak 3,294 jemaah. 

"Total yang sudah kembali termasuk hari ini yang datang itu, jadi total yang berangkat itu 3,294 lalu ada yang kurangi dengan jemaah yang meninggal 5, total kurang lebih itu ada 3,289 yang kembali ke Lampung. Alhamdulillah, dari kedatangan pertama dan hari ini terakhir ini berjalan dengan lancar dan sukses dan jemaah juga sudah diantarkan ke daerah-daerah nya masing-masing," tuturnya. 

Selanjutnya, saat ditanya apakah ada dari para jemaah haji yang terkonfirmasi Covid-19, menurutnya informasi yang pihaknya terima sebanyak 7 jemaah dengan kondisi gejala ringan. 

"Nah, kalau terkait Jumlah real nya di Kantor KKP, ada beberapa yang memang gejala ringan saja. Jadi Jemaah yang mengalami gejala-gejala itu di kloter-kloter pertama, dan kita sudah menganjurkan untuk isolasi mandiri di rumahnya masing-masing. Kurang lebih informasi yang kita terima sebanyak 7 Jemaah, dan itu di kloter awal, saat ini sudah terkonfirmasi sehat. Karena, secara umum apabila jemaah pulang dari haji itu pilek dan flu memang secara umum terjadi. Insyaallah saat ini sudah sehat semuanya," imbuhnya. 

Selain itu, apakah Jemaah yang hari datang diberlakukan test Akhor menyampaikan bahwa hal pasti itu dilakukan, karena merupakan kebijakan nasional. 

"Jadi, seluruh jemaah yang pulang, maka harus dilakukan swab antigen. Nah, memang kita ada 3 kloter yang tidak dilakukan tes antigen, karena kebijakannya baru keluar beberapa waktu ini. Jadi yang hari ini datang kita lakukan tes antigen. Setelah dilakukan antigen di lokasi asrama haji, para jemaah tidak lagi dilakukan antigen setelah di rumah. Karena, kebijakan terbaru ini," ujarnya. 

Akhor menambahkan, bahwa sesuai himbauan dari kantor kesehatan pelabuhan (KKP), jika ada kondisi Jemaah yang kurang sehat segera melapor ke pusat kesehatan masyarakat terdekat. Untuk diadakan pengobatan dan lain sebagainya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: