Pasca Pengrusakan di Sekretariat HMI KHU, Pihak HMI Lapor ke Polisi

Pasca Pengrusakan di Sekretariat HMI KHU, Pihak HMI Lapor ke Polisi

Kondisi Sekretariat HMI KHU di Jalan Nusantara V, Labuhan Ratu, Bandar Lampung yang rusak akibat diserang oleh ratusan pemuda sekitar pukul 01.30 WIB, Kamis 8 September 2022. Foto M. Tegar Mujahid/Radarlampung.co.id--

BANDAR LAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID – Pasca pengerusukan Sekretariat Himpunan Mahasiswa Islam Komisariat Hukum Universitas Lampung (HMI KHU) di Jalan Nusantara V, Labuhan Ratu, BANDAR LAMPUNG, pihak HMI melaporkannya ke Polresta BANDAR LAMPUNG.

Pihak HMI melalui Bagas Tulodo dan juga Ketua Tim Pemenangan HMI Fakultas Ekonomi Unila, Mauldan Agusta Rifanda menjelaskan, bahwa pihaknya sudah melaporkan kejadian itu ke pihak Polresta Bandar Lampung, Kamis 8 September 2022.

Dijelaskan oleh Bagas, pengerusukan kantor secretariat itu bermula dari konferensi cabang Ketua HMI Bandar Lampung yang baru digelar. Diman ada empat calon ketua HMI Bandar Lampung yang baru. 

Calon Ketua HMI itu yakni Mauldan Agusta Rifanda (HMI Fak Ekonomi Unila), Riki (Syariah UIN RIL), Yudis (Tarbiyah UIN RIL), Fahmi (Dakwah UIN RIL).

"Jadi peristiwa ini berawal dari adu argumentasi yang deadlock ribut di cabang kemudian datang polisi membubarkan kami. Nah, mungkin efek dari itu teman teman belum puas dan melakukan pengerusakan di dua sekretariat HMI yakni di Sekretariat HMI KMU Unila dan Sekretariat HMI Komek Unila," jelasnya.

Dari pengerusakan itu salah satu mentor mereka yakni dari alumni HMI Hukum UBL, Edwin Nata disandera dari kelompok tertentu. “Sekitar pukul 06.00 WIB pagi Edwin Nata dilepas di depan minimarket UBL, dengan kondisi mata tertutup, dan tidak tahu siapa yang menyandera,” katanya.

Dalam bentrok itu, dirinya tidak mengetahui apakah ada korban kritis atau tidak. Karena posisi Sekretariat HMI KHU berada di permukiman padat penduduk. “Jadi tidak tahu siapa pelaku maupun korban dari HMI atau bukan, kami belum bisa mengindetifikasi,” ujarnya.

Oleh sebab itu, Bagus yang juga pernah menjabat Eks Sekretaris HMI Bandar Lampung tahun 2019-2020, menyampaikan bahwa HMI Komisariat Bandar Lampung melaporkan ke Polresta Bandar Lampung dengan dua kasus, yakni kasus pertama pengerusakan dua Sekretariat HMI, yakni  Sekretariat HMI Komek Unila dan Sekretariat HMI KHU.

“Kemudian melaporkan kasus percobaan penculikan atas nama Edwin Nata,” jelasnya.

Pengrusakan Terjadi Dinihari

Aksi pengrusakan Kantor Sekretariat HMI Himpunan Mahasiswa Islam Komisariat Hukum Universitas Lampung (HMI KHU) di Jalan Nusantara, Labuhan Ratu, Bandar Lampung, terjadi pada pukul 01.30 WIB dinihari. 

Ketua RT04 Labuhan Ratu Raya, Sony Tristian menjelaskan bahwa kerisuhan itu terjadi diduga karena dipicu konflik Pemilihan Ketua Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Bandar Lampung yang baru.

“Sehingga Himpunan Mahasiswa Islam Komisariat Fakultas Teknik Universitas Lampung (HMI Komtek Unila)  membuat kerusuhan di Sekretariat Himpunan Mahasiswa Islam Komisariat Hukum Universitas Lampung (HMI KHU),” jelasnya.

Kemudian karena situasi kerisuhan tak bisa terkendali warga menghubungi Bhabinkabtimas Aipda Halimah dan kemudian Kapolsek Kedaton Atang Syamsuri bersama pihak kepolisian cek lokasi kejadian. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: