Anies Diusung Jadi Capres dari NasDem, KPK Tetap Garap Formula E

Anies Diusung Jadi Capres dari NasDem, KPK Tetap Garap Formula E

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata -KPK RI-Twitter--

JAKARTA, RADARLAMPUNG.CO.ID - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menegaskan deklarasi Partai NasDem yang mengusung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) pada Pilpres 2024 tidak mempengaruhi proses kasus Formula E

"Apakah deklarasi capres tersebut akan menghalangi KPK untuk menghentikan atau melanjutkan proses ini? Tidak," tegas Wakil Ketua KPK Alexander Marwata saat di Gedung KPK, Jakarta, seperti dikutip fin.co.id dari akun Twitter resmi @KPK_RI Senin 3 Oktober 2022.

Alex menyatakan KPK tetap on the track pada dugaan penyelewengan Formula E. Terlebih proses pencapresan itu baru tahap awal. Bahkan, kata Alex, belum tentu dicalonkan pada saat pendaftaran ke ke KPU. 

"Saya pastikan proses penyelidikan akan terus berlanjut. Sampai ditemukan satu titik terang apakah itu perkara pidana atau sebatas pelanggaran administrasi, atau mungkin perdata. KPK tidak terpengaruh dengan deklarasi yang bersangkutan sebagai capres oleh salah satu parpol," papar Alex. 

BACA JUGA:Diam-diam Chelsea Resmi Bajak Christopher Nkunku

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak mau berkomentar terkait Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang resmi diusung Partai NasDem sebagai capres (calon presiden) 2024. 

Jokowi tidak mau menjawab dengan alasan saat ini Indonesia sedang dalam suasana duka pasca meninggalnya 125 suporter di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur. 

"Saya tidak, saya tidak, saya tidak ingin berkomentar. Karena kita masih dalam suasana duka," ucap Jokowi singkat saat berkunjung ke Batang, Jawa Tengah, Senin, 3 Oktober 2022.

Seperti diberitakan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan resmi diusung sebagai Calon Presiden (Capres) oleh Partai Nasional Demokrat atau NasDem hari ini, Senin 3 Oktober 2022.

BACA JUGA:Reward Organisasi, Sebanyak 19 PNS Polri Naik Pangkat

Pengumuman Anies sebagai Capres disampaikan oleh Ketua Umum Nasdem Surya Paloh di Tower NasDem.

Surya Paloh mengatakan, NasDem melihat anak-anak bangsa yang mempunyai potensi dan ingin mendarmabaktikan dirinya memimpin negeri ini.

Paloh mengatakan, NasDem melihat sosok Anies sebagai anak bangsa yang terbaik dari yang baik-baik. Dengan demikian, NasDem resmi memilih Anies sebagai calonnya untuk diusung pada Pilpres 2024.

"Inilah kenapa akhirnya NasDem melihat seorang sosok Anies Rasyid Baswedan. Kami mempunyai keyakinan, pikiran, pikiran dalam presprektif baik secara makro, sejalan dengan apa yang kami yakini," ujar Paloh dalam konferensi Pers di NasDem Tower Jakarta, Senin 3 Oktober 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: fin.co.id