Harga Karet di Mesuji Hanya Rp. 6.700 Perkilogram, ini kata dinas Pertanian

Harga Karet di Mesuji Hanya Rp. 6.700 Perkilogram, ini kata dinas Pertanian

Siti salah satu petani karet di Mesuji sedang menyadap karet di kebun milik keluarganya.--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Berbeda dengan harga gabah yang saat ini cukup bagus Harganya di Mesuji, harga salah satu Komoditas utama di Kabupaten berjuluk Bumi Ragab Begawe ini yakni karet cukup rendah harganya yakni Rp 6.700 per Kilogram.

Kondisi rendahnya harga karet saat ini, sudah dialami para petani sejak beberapa pekan lalu, akibatnya banyak dari para petani yang mengeluhkan mengenai kondisi harga karet saat ini.

Seperti yang dikatakan oleh ulik (37) petani karet asal Desa Brasan Makmur Kecamatan Tanjung Raya menurutnya harga karet saat ini masuk dalam harga yang cukup rendah yakni Rp. 6.700 perkilogram.

"Harga sekarang ini turun bahkan harganya beberapa pekan lalu sempat Rp. 5.800 perkilogram meskipun pekan ini harganya sudah naik menjadi Rp. 6.700 perkilogram,"Jelasnya 

BACA JUGA:Radisson Lampung Kedaton Gulirkan Paket Pernikahan Teranyar

Selain harga yang rendah tingginya curah hujan belakangan ini, sejumlah petani atau pemilik kebun karet di wilayah Kabupaten mesuji terpaksa berhenti menyadap karetnya.

"Kalau tiap hari hujan kami tidak bisa menyadap karet, sebab kalau dipaksakan getah karet yang kita sadap akan banyak hilang karena terkena air hujan," tutur sarto.

Dihubungi Terpisah Kepala Bidang Perkebunan, Dinas Pertanian Kabupaten Mesuji Achiri Apriadi mewakili Kepala Dinas pertanian Mesuji pariman membenarkan jika harga karet di meduji saat ini rendah.

Iya harganya memang sempat di angka Rp 6 ribu perkilogram tapi saat ini harganya sudah mulai naik di angka Rp 7 ribu perkilogram ungkap dia pada Selasa 4 Oktober 2022. 

BACA JUGA:Buka Kick Off Kopi Lampung Begawi, Puncak Acara Akan Digelar di Sarinah 8 Hingga 9 Oktober Mendatang

Menurut dia, terkait harga karet sudah ditentukan oleh pangsa pasar dunia, di singapura. "Jadi, harga karet dunia diatur disana," Singkatnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: