Pemkab Pesisir Barat Ajukan Dua Segmen Pembangunan Trase Jalan Tol Wilayah Barat Menuju Bengkulu

Pemkab Pesisir Barat Ajukan Dua Segmen Pembangunan Trase Jalan Tol Wilayah Barat Menuju Bengkulu

Ekspose pembangunan trase jalan tol wilayah Barat Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel), ruas lintas Barat, Rabu 26 Oktober 2022. FOTO YOGI ASTRAYUDA/RADARLAMPUNG.CO.ID --

PESISIR BARAT, RADARLAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) mengajukan usulan dua segmen pembangunan trase jalan tol wilayah Barat, Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel). 

Ruas lintas Barat ini akan melalui Pesisir Barat menuju Provinsi Bengkulu.

Dua segmen pembangunan trase jalan tol tersebut, melalui exit tol Tanjung Bintang melalui pesisir pantai hingga menuju Kota Agung, Tanggamus. Kemudian melalui exit tol Natar yang membentang menuju Kota Agung, Tanggamus.

"Terdapat tujuh koridor yang telah diusulkan melalui dua exit tol itu, yang akan melalui Kota Agung, Krui, Bintuhan, dan Manna di Provinsi Bengkulu," papar Kepala Dinas PUPR Pesisir Barat Jalaludin dalam ekspose pembangunan trase jalan tol wilayah Barat Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel), ruas lintas Barat, Rabu 26 Oktober 2022. 

Jalaludin mengatakan, rencana pembangunan trase jalan tol wilayah Barat Sumatera Bagian Selatan itu merupakan usulan dari Pemkab Pesisir Barat.

Usulan pembangunan trase jalan tol wilayah Barat Sumatera Bagian Selatan tersebut langsung direspons Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

"Usulan yang kita sampaikan tinggal menunggu persetujuan dari Menteri PUPR. Jika sudah ditandatangani, maka kegiatannya akan dilaksanakan pada tahun 2025 hingga 2035 mendatang," sebut Jalaludin.

Diharapkan ada perubahan ekonomi dengan pembangunan trase jalan tol wilayah Barat Sumatera Bagian Selatan tersebut. 

Selain itu, akses masyarakat menjadi semakin mudah. Hal itu harus menjadi wilayah ekonomi baru di Pesisir Barat bekerjasama dengan kabupaten lainnya.

"Ke depan, exit tol hanya ada dua, di Tanggamus dan Pesisir Barat. Nanti tinggal dilakukan kajian penempatannya dengan memperhatikan potensi tumbuhnya ekonomi baru yang terpusat di kabupaten ini," tegasnya.

Sementara Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal mengatakan, pemkab menyambut baik rencana pemerintah pusat untuk membangun jalan tol yang melalui wilayah kabupaten itu menuju Provinsi Bengkulu.

"Pembangunan jalan tol itu akan berdampak dengan perekononian masyarakat, serta memudahkan akses masyarakat untuk keluar masuk ke Kabupaten Pesbar," kata Agus Istiqlal.

Menurut Agus Istiqlal, jika sudah ada jalan tol, tidak akan berbicara sektoral lagi. Melainkan sudah kawasan kerja. kawasan ekonomi khusus (KEK). 

Tidak lagi berbicara tentang sabut kelapa. Namun semua potensi yang ada Pesisir Barat dapat dikembangkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: