Ratusan Rumah di Way Kanan Terendam, Waspada Banjir Susulan!

Ratusan Rumah di Way Kanan Terendam, Waspada Banjir Susulan!

Pemukiman di Kampung Sri Menanti, Kecamatan Negara Batin, terendam akibat luapan sungai Way Kanan. Ketinggian air mencapai sekitar satu meter. --

WAY KANAN, RADARLAMPUNG.CO.ID - Banjir yang sudah terjadi sejak tiga hari lalu menyebabkan ratusan rumah di Kampung Sri Menanti, Kecamatan Negera Batin, Way Kanan terendam. 

Air juga merendam puluhan hektare kebun jagung dan sawah. Akibatnya warga mengalami kerugian puluhan juta. 

Camat Negara Batin A. Rozi menyatakan, di Kampung Sri Menanti, sebagian besar rumah terendam

"Tidak kurang dari 150 rumah yang terdampak. Hanya saja warganya masih dapat berinteraksi dengan menggunakan perahu," kata A. Rozi, Sabtu 12 November 2022.

BACA JUGA: Banjir di Way Kanan, Warga Terpaksa Beraktivitas Dengan Perahu

Menurut A. Rozi, areal perkebunan cukup luas yang terendam akibat luapan sungai Way Kanan berada di Kampung Kartajaya. 

"Untuk jumlah kerugian masih menunggu pendataan. Tapi dipastikan puluhan juta. Lebih luas dan banyak lagi di Kampung Kartajaya. Saya juga sedang menunggu laporan dari kedua kampung tersebut," ujarnya. 

Dilanjutkan, dari informasi yang diterima, curah hujan cukup tinggi masih terjadi di hulu sungai. 

Diketahui, luapan sungai Way Kanan menyebabkan ratusan rumah di Kampung Sri Menanti terendam. Ketinggian air mencapai sekitar satu meter.  

BACA JUGA: Ini Saran DPRD Lampung Timur untuk Mengatasi Konflik Gajah Dengan Masyarakat Desa Penyangga

Menurut Arisal, salah seorang warga, Kampung Sri Menanti memang langganan banjir. Bahkan pada 2021 lalu, ketinggian air mencapai lantai rumah panggung. 

”Sejak awal musim hujan, kami memang sudah siaga. Bisa jadi tahun ini, seperti tahun tahun lalu. Sebab hujan masih turun terus,” sebut Arisal.

Arisal mengungkapkan, saat ini ketinggian air memang tidak mencapai rumah panggung. Namun untuk rumah berlantai rendah, dipastikan terendam. 

Joni, warga lainnya mengatakan, ketinggian air di hulu kampung mencapai satu meter. Untuk bagian hilir, sekitar 80-90 Cm. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: