Mengenal Aplikasi Kepegawaian, Jenis dan Manfaatnya

Mengenal Aplikasi Kepegawaian, Jenis dan Manfaatnya

Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) Online-Tangkapan layar Talenta.co-

Selain berkontribusi dalam meningkatkan produktivitas pada bidang HR Management, adanya aplikasi kepegawaian memberikan beberapa fungsi yang sangat penting untuk kemajuan perusahaan.

Berikut ini beberapa fungsinya, simak penjelasannya secara lengkap.

1. Keamanan Data Karyawan

Hal terpenting dengan penggunaan aplikasi kepegawaian ini menjamin keamanan data dan kerahasian terhadap informasi karyawannya.

Apalagi dengan basis cloud membuat beberapa data yang ada itu akan tersimpan dengan baik dan tidak mudah dijebol, sehingga aman untuk menjaga identitas seluruh database karyawannya.

Bahkan, untuk bisa mengakses dan melihat seluruh data karyawannya itu hanya orang-orang tertentu saja, sehingga proses ini akan meminimalisir adanya kehilangan atau resiko pencurian yang merugikan.

Hal ini jauh lebih baik daripada penyimpanan secara manual, karena data dan informasi karyawan rentan jatuh ke tangan yang tidak bertanggung jawab dan mudah rusak.

BACA JUGA:Belanda dan Inggris Memimpin Klasemen Sementara Piala Dunia 2022 Qatar

2. Kemudahan Proses & Distribusi Gaji

Mungkin Anda tidak akan lagi menemukan pengecekan gaji secara manual pada era ini, karena kemajuan teknologi mengubah segalanya.

Termasuk dalam tahap ini, jika menggunakan aplikasi kepegawaian, semua proses pembagian gaji tidak lagi ribet dan dilakukan satu per satu karena sistemnya telah terintegrasi dan semuanya langsung otomatis.

Dengan demikian pendistribusian gaji akan bisa langsung jelas dan cepat dilakukan, karena pihak HR tidak lagi fokus pada rekapan bulanan seperti izin, cuti, dan sebagainya, sehingga jauh lebih praktis.

Menariknya lagi pihak-pihak pemangku keputusan dapat melihat laporan terkait penggajian itu, karena semuanya langsung otomatis tersimpan dalam sistem.

3. Melihat dan Memantau Kinerja Karyawan

Beberapa perusahaan tidak bisa memantau beberapa kinerja yang dilakukan oleh karyawannya, karena semua kebutuhannya masih manual.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: