10 Danau Terindah dan Terluas di Indonesia, Lampung Masuk Nomor Berapa?

10 Danau Terindah dan Terluas di Indonesia, Lampung Masuk Nomor Berapa?

Keindahan Alam yang Mempesona,10 Danau Terindah dan Terluas di Indonesia. Foto Instagram Danau Toba--

5. Danau Sentarum

Danau Sentarum menempati peringkat kelima yang terletak di Kalimantan Barat memiliki luas sebesar 275 km2 dan memiliki kedalaman sejauh 8 meter. Danau Sentarum merupakan danau berjenis floodplain.

6. Danau Paniai

Danau Paniai menempati peringkat keenam yang terletak di Papua Adapun jarak dari ibu kota jayapura ke lokasi Danau Paniai diperkirakan mencapai 496 kilometer jarak yang ditempuh. Memiliki luas 195 km2 dan memiliki kedalaman sejauh 50 meter. Danau Paniai ini terletak di ketinggian 1.742 mdpl. 

7. Danau Matano

Danau Matano menempati peringkat ketujuh yang terletak di Kabupaten Luwu Timur memiliki luas sebesar 164 km2 dan memiliki kedalaman 590 meter maksimal terhitung. Danau Matano berada di ketinggian 382 mdpl.

8. Danau Ranau

Danau Ranau menempati peringkat kedelapan yang terletak di antara Kabupaten Lampung Barat di Lampung dan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan di Sumatera Selatan. Danau Ranau ini membentang di 2 Provinsi memiliki luas terhitung mencapai 125,9 km2 dan memiliki kedalaman maksimal sejauh 229 meter. Danau Ranau ini berada di ketinggian 540 mdpl.

BACA JUGA:Cek Di Sini! Syarat Mutlak untuk Dapat Bansos PKH Anak Sekolah 2023

9. Danau Singkarak

Danau Singkarak menempati peringkat kesembilan yang terletak di Provinsi Sumatera Barat memiliki luas sebesar 107,8 km2 dan memiliki kedalaman sejauh 268 meter. Danau Singkarak ini membentang di antara 2 Kabupaten Sumatera Barat yakni Kabupaten Solok dan Tanah Datar. Danau terbentuk dari letusan gunung berapi.

10. Danau Maninjau

Danau Maninjau menempati peringkat kesepuluh yang terletak di Sumatera Barat memiliki luas 99,5 km2 dan memiliki kedalaman sejauh 165 meter. Danau Maninjau berada di ketinggian 459 mdpl dan terbentuk dari letusan Gunung Sitinjau sekitar 52.000 tahun lalu. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: