Iklan Bos Aca Header Detail

5 Rekomendasi Wisata Gunung di Lampung, No.4 Tepat untuk Dikunjungi

5 Rekomendasi Wisata Gunung di Lampung, No.4 Tepat untuk Dikunjungi

Beberapa gunung tertinggi di Sumatera. Foto Pixabay --

Dilansir dari beberapa sumber gunung ini ternyata tidak semua berada di Lampung, beberapa bagian gunung ini masuk ke wilayah Provinsi Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Sumatra Selatan. 

Jika ditempuh dari Kota Bandar Lampung membutuhkan waktu sekityar 6 jam perjalanan untuk sampai ke Gunung Pesagi. Karena kamu harus menempuh jarak 245 kilometer, ingat waktu ini tidak termasuk untuk mencapai puncak gunung. Untuk bisa sampai ke puncak gunung ini membutuhkan waktu sekitar 12jam perjalanan.

BACA JUGA:Sukses Terapkan Eradikasi, Pemkab Tubaba Diganjar Penghargaan Kemenkes RI

Hutan gunung ini menjadi salah satu tempat pengungsian yang ada di pulau Sumatra, dari data yang ada hutan lindung gunung pesagi memiliki 337 jenis tumbuhan. 

Yang dirinci terdiri dari jenis 115 anggrek dan 222 tumbuhan non anggrek. Hampir 50 persen tumbuhan memiliki potensi sebagai penghasil kayu, tanaman obat, tanaman buah dan tanaman hias.

3. Anak Krakatau

Pulau anak Krakatau adalah pulau vulkanik kecil yang berposisi diantara pulau sertung di sisi barat nya pulau rakata kecil atau pulau panjang dan disisi timur nya secara administrative berlokasi di kecamatan punduh pedada, kabupaten lampung selatan.

Gunung anak Krakatau masih selalu aktif, hampir setiap waktu hanya jeda beberapa bulan gunung ini selalu meletus kecil dengan tipe “Stromboli” berupa letusan eksplosif yang memancarkan material baru ke udara, untuk membangun tubuh nya. 

BACA JUGA:Lampaui Target, Penjualan SBR012 oleh BRI Sentuh Rp2,1 Triliun

Aktivitas yang menunjukkan kemunculan pulau ini dimulai pada tahun 1927, di titik yang dulunya adalah laut dengan kedalaman 27m dan sebelumnya pernah menjadi bagiuan daratan Pulau Rakata.

Sejak tahun 1930 pulau ini tidak lagi tergerus air laut dengan demikian menjadi pulau termuda di indonesia yang terbentuk melalui aktivitas vulkanik.

4. Gunung Tanggamus

Gunung ini terletak di kecamatan kota agung, kabupaten tanggamus, provinsi Lampung, indonesia. 

Gunung ini berada di sebelah timur laut dari kota agung dengan jarak tempuh sekitar 10 km. Gunung ini adalah gunung tertinggi kedua di Provinsi Lampung setelah gunung pesagi.

BACA JUGA:Antisipasi Gangguan Kamtibmas, TNI-Polri di Tumijajar Lakukan Patroli Gabungan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber