176.413 Siswa SMA dan SMK di Lampung Telah Lakukan Finalisasi PTKIN 2023

176.413 Siswa SMA dan SMK di Lampung Telah Lakukan Finalisasi PTKIN 2023

Foto laman resmi UIN RIL : Koodinator Pokja Humas Panitia Nasional PMB PTKIN, Dr.Mukhamad Rikza Chammami,M.Si didampingi Ketua Forum Humas PTKIN (Kabag Humas UIN RIL), Hayatul Islam saat press conference di Grand Orchardz pada Selasa, 21 Maret 2023--

BACA JUGA:Lagi, Dua Warga Bukitkemuning Diringkus, Polisi Sita Belasan Paket Sabu Siap Edar

"58 PTKIN seluruh Indonesia dibawah naungan Kementerian Agama melakukan seleksi bersama lewat jalur SPAN-PTKIN dan UM-PTKIN," jelas Rikza. 

Lebih lanjut, Rikza menyampaikan pada tahun 2023 terdapat 177.135 kuota mahasiswa baru di PTKIN yang terbagi pada dua jalur seleksi nasional (SPAN dan UM PTKIN) dan jalur mandiri mandiri oleh masing masing PTKIN.

"Kuota mahasiswa baru di PTKIN sebanyak 177.135, terbagi 33 persen ada di jalur SPAN-PTKIN, 44 persen UM-PTKIN dan 20 persen Jalur Mandiri," jelasnya.

Saat ini seleksi yang  sedang berjalan adalah proses penilaian jalur SPAN-PTKIN, dimana proses penilaian digunakan menggunakan skor nilai rata rata mata pelajaran, nilai rata rata mata pelajaran pendukung, dan prestasi lainnya.

BACA JUGA:Petani di Tubaba Keluhkan Soal Pupuk yang Tidak Keasliannya

"Dokumen pendaftaran oleh siswa sedang dilakukan proses penilaian dan akan diumumkan pada 3 April 2023 mendatang," pungkas Rikza.

Adapun jalur UM-PTKIN akan diselenggarakan pada tanggal 10 April 2023 sampai 15 Mei 2023, ketentuan syarat pendaftaran dapat dilihat secara berkala pada laman um-ptkin.ac.id dan pmb.radenintan.ac.id. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: