Di Balik Rasanya Yang Pahit, Ternyata Brotowali Punya Berbagai Manfaat Untuk Kesehatan

Di Balik Rasanya Yang Pahit, Ternyata Brotowali Punya Berbagai Manfaat Untuk Kesehatan

Di balik rasanya yang pahit, ternyata Brotowali memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan.-Pixabay -

BACA JUGA:Bulan Ramadhan, Pemkot Metro Berlakukan Jam Kerja untuk ASN

Warnanya hijau muda dan memiliki enam corolla dan enam benang sari. Buahnya berkerumun di batang kecil berwarna merah muda.

Memiliki sejumlah kandungan pada Brotowali, membuat tanaman tersebut banyak digunakan sebagai obat herbal karena memiliki banyak manfaat yang didapat. Berikut manfaat Brotowali bagi Kesehatan :

1. Menurunkan Kadar Gula Darah

Sejak zaman dahulu Brotowali sudah digunakan sebagai obat alami untuk menurunkan kadar gula darah. Batang pada tanaman ini dapat meningkatkan kinerja hormone insulin dan mencegah terjadinya resistensi insulin, sehingga kadar gula terjaga agar tetap stabil.

2. Mencegah Kambuhnya Alergi

Ekstrak Brotowali memiliki khasiat yang efektif untuk mengurangi alergi penyebab bersin dan hidung gatal. Selain itu, tanaman ini dapat membantu mengurangi gejala pilek dan gatal-gatal akibat alergi.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan antioksidan dan vitamin C serta nutrisi lainnya yang dimiliki Brotowali mampu membantu meningkatkan imunitas tubuh.

4. Meredakan Peradangan

Zat antiinflamasi alami yang dimiliki Brotowali sejak dahulu sudah digunakan sebagai obat alami yang bermanfaat untuk mengatasi peradangan, demam dan nyeri pada tubuh. 

5 Melawan Bakteri dan Jamur Penyebab Infeksi

Akar Brotowali memiliki kandungan zat kimia yang bersifat anti bakteri dan anti jamur. Berdasarkan hasil penelitian laboratorium ekstrak akar Brotowali dapat mencegah hingga membunuh tumbuhnya bakteri dan jamur penyebab infeksi.

6. Menjaga Kesehatan Tulang

Rutin mengonsumsi Brotowali dapat menjaga kesehatan tulang dan sendi. Karena akar Brotowali mengandung kalsium, fosfor, dan berbagai antioksidan yang baik untuk mencegah osteoporosis dan osteoarthritis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: