Pemudik Mau Nyebrang Melalui Bakauheni Dihimbau Sudah Pesan Tiket Kapal

Pemudik Mau Nyebrang Melalui Bakauheni Dihimbau Sudah Pesan Tiket Kapal

Kadishub Lampung Bambang Sumbogo --

RADARLAMPUNG.CO.ID - Upaya pencegahan penumpukan kendaraan di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan mulai dilakukan.

Salah satunya himbauan dari Dinas Perhubungan Provinsi Lampung terkait kendaraan yang hendak menyebrang harus sudah memesan tiket kapal sebelum sampai di Bakauheni.

"Jadi kita harapkan itu yang sudah sampai di Bakauheni memang yang sudah mendapatkan tiket kapal yang sudah dipesan melalui aplikasi Ferizy," beber Kadis Perhubungan Provinsi Lampung, Bambang Sumbogo, Kamis 13 April 2023.

Nantinya sebelum sampai di Bakauheni, Dishub bekerjasama dengan ASDP akan membuka posko di tiga titik. Pertama di Rumah Makan Tiga Saudara untuk Jalur Lintas Timur.

BACA JUGA:Jelang Mudik, Ada Pemeriksaan Gratis untuk Sopir dan Juga Penumpang

"Kemudian di tol kita akan lakukan pengecekan dan ada posko pendaftaran Ferizy di KM 20B. Satu lagi ada di buffer zone, di jembatan timbang Gayam. Sehingga semua jalur sudah kita kepung, sebelum masuk ke Bakauheni," tambah Bambang.

Pencegahan penumpukan ini sebagai antisipasi membludaknya penumpang yang akan menyebrang dari Bakauheni ke Merak. Karena di Bakauheni sudah tidak melayani pembelian tiket kapal lagi.

"Karena itu kami ingin memastikan yang masuk ke Bakauheni itu yang sudah terdaftar di Ferizy. Dengan demikian kita harapkan semoga aman ya nantinya proses penyebrangan di Bakauheni," katanya.

Sebelumnya diberitakan Pergerakan masyarakat ke Provinsi Lampung pada Idul Fitri 1444 H/2023 ini diprediksi mencapai 3,8 juta orang. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Lampung, Bambang Sumbogo pada Senin 3 April 2023.

BACA JUGA:Komisi IV Tegaskan Insentif Resiko Tinggi Personel Damkar Bandar Lampung Harus Dianggarkan

"Jadi untuk pergerakan masyarakat pada Hari Raya Idul Fitri tahun ini secara nasional diperkirakan sampai 123,28 juta untuk se Indonesia. Sebanyak 3,8 juta diantaranya ini diprediksi akan memasuki Lampung," kata Bambang.

Bambang mengatakan pergerakan masyarakat ke Lampung tersebut memang beragam, ada yang memang tujuan ke Lampung ataupun melintas mengingat Lampung merupakan gerbang masuk dan keluarnya Sumatera menuju Jawa.

Kemudian untuk pergerakan terbanyak diprediksi ialah kendaraan pribadi. Di mana totalnya diprediksi mencapai 22,07 persen.

"Dengan meningkatnya prediksi kendaraan pribadi ini, kami juga memprediksi untuk angkutan penyeberangan akan ada kenaikan sebesar 3 persen dari tahun sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: