Resep Pekhos Pati Khas Lampung Pesisir, Sedap dan Enggak Pakai Ribet

Resep Pekhos Pati Khas Lampung Pesisir,  Sedap dan Enggak Pakai Ribet

Foto Tangkap Layar YouTube Dapur Bunda Lidia : Pekhos Pati Khas Lampung Pesisir akan lebih nikmat jika makannya bersama ikan bakar--

- 1 sendok makan  terasi 

BACA JUGA:Karomani Mantan Rektor Unila Divonis 10 Tahun

Untuk membuat Pekhos Pati Khas Lampung Pesisir, yakni pertama tama terong dipanggang terlebih dahulu sampai kulitnya bisa dikupas. Sambil menunggu kulit terong terkelupas.

Anda bisa mensanggrai semua bumbu yakni cabe rawit segenggam, Cabe Merah 6 Buah, Bawang Merah 6 siung , Kemiri  2 buah, Rampai /tomat ceri 6 buah dan 1 sendok makan terasi.

Disangrai kedalam kuali dengan ditambahkan minyak sedikit agar tidak gosong, lalu aduk aduk dengan menggunakan api kecil untuk mensanggrai . Sangrai sampai bumbu sudah layu dan aroma terasi sudah wangi.

Lalu matikan api, angkat semua bumbu dan ulekkan pakai ulekan tradisional yakni menggunakan cobekan.ulek pakai tangan agar lebih lezat dibandingkan pakai blender/chopper. 

BACA JUGA:Cuma 1 Jam Kerja Bisa Cuan 12 Juta! Youtuber Ini Beber Cara Cari Uang Online

Lalu ulek ulek terus sampai semua bumbu halus, lalu sisihkan letakkan kedalam mangkuk.

Kemudian terong ungu yang dikupas tadi dikupas sampai benar benar bersih kulitnya. Lakukan pengupasan sampai bersih ya bunda.

Lalu masukkan santan kental 250 ml tadi menggunakan api sedang saja ya bunda, tambahkan gula, garam dan penyedap rasa (kaldu bubuk) ya bunda. Aduk aduk pelan pelan dengan menggunakan api sedang sampai mendidih.

Lalu matikan api, kemudian santan sudah mendidih (matang) tadi dituangkan ke mangkok bumbu yang sudah dihaluskan. 

BACA JUGA:Sidat, Ikan Mirip Belut Ini Ternyata Kaya Manfaat, Apa Saja?

Aduk aduk sampai merata bumbu  dengan santan, lalu tes rasa, jika kurang asin tambahkan garam, jika kurang gurih bisa tambahkan gula secukupnya. Sesuaikan selera bunda saja.

Setelah itu masukkan terong dan sudah dikupas tadi. Maka, Pekhos Pati Khas Lampung  Pesisir siap dihidangkan dengan taburi bawang goreng akan memberikan kenikmatan tersendiri.

Apalagi, Kalau mau Lebih lezat lagi apabila disajikan dengan ikan bakar. Oh ya, bagi yang tidak suka terong. Anda bisa menggantikan dengan Jantung Pisang juga gak kalah enak juga. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: