Penipu Modus Transfer di BRILink Tertangkap, Langsung Jadi Sasaran Amuk Massa

Penipu Modus Transfer di BRILink Tertangkap, Langsung Jadi Sasaran Amuk Massa

Anggota Polsek Sukoharjo mengamankan tersangka penipuan dengan modus transfer uang. ILUSTRASI/FOTO PIXABAY.COM--

PRINGSEWU, RADARLAMPUNG.CO.ID - Dua jam dicari, akhirnya AN (36), warga Desa Rulung Raya, Kecamatan Natar, Lampung Selatan ditemukan. 

Lelaki yang dicari lantaran diduga melakukan penipuan itu sempat menjadi sasaran kemarahan warga. 

AN diduga melakukan penipuan. Modusnya dengan berpura-pura mentransfer uang melalui BRILink milik Agus Setiyono (30), warga Pekon Waringinsari Barat, Sabtu 27 Mei 2023. 

Saat itu AN mengatakan akan mentransfer uang Rp 15 juta. Lantas karyawan BRILink mentranfer uang ke rekening yang diberikan AN. 

"Setelah ditransfer, tersangka pura-pura mengambil uang yang tertinggal di jok sepeda motor," kata Kapolsek Sukoharjo Iptu Poltak Pakpahan.

Saat itulah AN beralasan uang tertinggal di masjid dengan BRILink tersebut. Ia kemudian berpura-pura hendak mengambil uang.

Tidak percaya, karyawan BRILink meminta  rekannya untuk mengikuti AN ke masjid yang disebutkan.

Benar saja. AM kabur meninggalkan sepeda motornya. Dua jam dicari, pelaku penipuan ini berhasil ditemukan. 

Lelaki ini sempat menjadi sasaran amuk massa. Beruntung, warga berhasil ditenangkan dan AN dibawa ke Mapolsek Sukoharjo. 

Terkait kasus penipuan tersebut, Iptu Poltak Pakpahan mengingatkan pemilik usaha BRIlink agar waspada ketika ada yang ingin mentransfer uang. 

"Khususnya agen BRILink. Agar waspada dan lebih teliti saat transaksi keuangan. Pastikan pengguna jasa benar-benar membawa uang," tegasnya. 

Beberapa waktu lalu ramai di media sosial terkait modus penipuan di tempat ibadah di Jakarta Selatan. 

Dalam sebuah video yang beredar, masyarakat diimbau agar waspada dengan modus penipuan penggantian barcode Qris kotak amal masjid di wilayah Jakarta Selatan.

Beruntung, modus penipuan penggantian barcode Qris kotak amal tersebut terekam kamera CCTV masjid sehingga bisa dicegah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: