Iklan Bos Aca Header Detail

Info Penting untuk Siswa, Bansos Pendidikan 2023 Mulai Dicairkan, Berikut Rinciannya

Info Penting untuk Siswa, Bansos Pendidikan 2023 Mulai Dicairkan, Berikut Rinciannya

Ilustrasi Info penting untuk siswa, bansos pendidikan 2023 mulai dicairkan. Sumber foto pixabay.com @sasint--Pixabay.com@sasint

Apabila telah memenuhi syarat, maka nantinya data penerima PKH 2023 anak sekolah dapat di cek melalui laman cekBansos .kemensos.go.id.

Untuk diketahui, Dilansir dari website Puslapdik Kemendikbud, Cara  anggota keluarga KPM (Keluarga penerima manfaat) dimana keluarga tercatat di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) agar bisa mendapatkan bantuan pendidikan melalui Program Indonesia Pintar (PIP).

BACA JUGA:7 Wisata Hidden Gems Lampung yang Seru, Nikmati Suasana Alam Tersembunyi Sambil Berkemah

Program Indonesia Pintar (PIP) merupakan bantuan berupa uang tunai yang diberikan oleh pemerintah kepada peserta didik dan mahasiswa yang berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin untuk membiayai pendidikan.

Salah satu sasaran utama PIP adalah siswa yang tercatat di DTKS yang dikelola Kementerian Sosial.

BACA JUGA:Cerita di Balik Keindahan Wisata Situ Cileunca Pangalengan Bandung, Tersimpan Misteri yang Sulit Dibayangkan

DTKS sendiri merupakan data elektronik yang memuat informasi sosial, ekonomi, demografi dan status kesejahteraan terendah di Indonesia.

Bagaimana agar masyarakat miskin dan rentan miskin bisa tercatat di DTKS?

R. Gandhi Wijaya Cahyo Prajanto, Kepala Bagian di Biro Umum dan ketua Tim Pengolah Data di Pusat Data dan Informasi Kementerian Sosial, ada tiga saluran untuk mencatatkan data di DTKS. 

BACA JUGA:8 Fakta Tentang Candi Jago, Nomor 6 Jadi Salah Satu Wisata Candi yang Terpopuler di di Jawa Timur

Ketiga saluran itu yakni melalui pemerintah kota atau kabupaten dan melalui Kementerian Sosial, serta pendaftaran mandiri melalui aplikasi SIKS-NG.

“Paling bawah, dilakukan pengusulan oleh ketua RW atau Ketua RT, secara berjenjang diteruskan ke Kepala Dusun, Kepala Desa, Kecamatan sampai ke dinas sosial, “kata Gandhi dalam website tersebut.BACA JUGA:Apa Benar Kategori Bansos Balita Ditiadakan, Cek Faktanya Disini

Di tingkat Desa atau kelurahan, proses pengajuan usulan dilakukan secara musyawarah dan dilanjutkan verifikasi dan validasi oleh dinas sosial sebelum akhirnya dinilai dan diputuskan oleh Kementerian Sosial.

Rakyat miskin dan rentan miskin juga bisa mengajukan usulan langsung melalui aplikasi SIKS-NG atau Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation atau aplikasi cek bansos.

BACA JUGA:Info Penting! Ada Bonus 500 Ribu dan 900 Ribu untuk KPM Bansos, Cek Faktanya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: