Info Penting untuk Siswa, Bansos Pendidikan 2023 Mulai Dicairkan, Berikut Rinciannya

Info Penting untuk Siswa, Bansos Pendidikan 2023 Mulai Dicairkan, Berikut Rinciannya

Ilustrasi Info penting untuk siswa, bansos pendidikan 2023 mulai dicairkan. Sumber foto pixabay.com @sasint--Pixabay.com@sasint

“Yang dapat diusulkan adalah dirinya atau keluarga sendiri atau tetangganya yang ada di desa yang sama,“ lanjut Gandhi.

BACA JUGA:Resmi Disetujui Presiden 5 Bansos Tunai Plus 1 Bansos Non Tunai Cair Mulai 7 sampai 17 Agustus 2023

Pencatatan di DTKS juga bisa dilakukan oleh Kementerian Sosial pada kondisi tertentu.

Yakni, situasi kedaruratan bencana, ada seorang yang belum tercatat di DTKS dan dalam kondisi belum tertangani serta kondisi lain yang mengancam keselamatan atau dalam kondisi kedaruratan.

BACA JUGA:Bansos BPNT Tahap 4 untuk Juli Agustus Mulai Tersalur? Cek Ulasan Berikut Ini

Gandhi, juga menginformasikan bahwa kerap muncul masalah dalam pencatatan di  DTKS ini, yakni adanya orang yang berhak mendapatkan bantuan tapi tidak dapat namun sebaliknya yang tidak berhak tetapi mendapatkan bantuan.

“Di Aplikasi Cek Bansos ada fitur “Usul Sanggah” untuk bisa mengatasi permasalahan tersebut yang bisa diakses masyarakat,“ katanya.

BACA JUGA:Siap Disalurkan! Bansos BPNT Tahapan Empat Cair Lagi Agustus, Begini Proses Pengambilan Terbarunya

Di aplikasi cek bansos ini, setelah memiliki akun, masyarakat dapat melakukan cek bansos, sanggah anggota keluarga, kelayakan bansos dan usul penerima bansos.

 Pada menu Profil Keluarga akan menampilkan daftar keluarga yang terdaftar didalam DTKS, apabila ada anggota keluarga tersebut bukan dari anggota keluarga pemilik akun maka pilih opsi “Bukan Keluarga” untuk diusulkan dihapus dalam keluarga pemilik akun tersebut.

Bila seorang siswa SD, SMP atau SMA dan yang sederajat sudah tercatat di DTKS, maka sistem di Program Indonesia Pintar akan mengambil data tersebut untuk disandingkan dengan data di Dapodik serta di Sistem Dukcapil. 

BACA JUGA:Tancap Gas! Cek Saldo KKS Anda, Ada 5 Poin Penting Bansos PKH Tahap 3 dan BPNT Tahap 4

Bila sinkron, maka akan diusulkan untuk memperoleh bantuan PIP. 

Sebagai informasi, dari data yang dirangkum dari website Puslapdik Kemendikbud, bahwa Dalam SK Nominasi Program Indonesia Pintar (PIP) tahun 2023 disebutkan, jumlah siswa kelas  akhir penerima SK Nominasi PIP tahun 2023.

Dimana, ditetapkan sebanyak 235.230 siswa, mulai jenjang sekolah dasar, SMP, SMA dan SMK, para siswa kelas akhir itu yakni kelas 6 SD, kelas 9, dan kelas 12, baik SMA maupun SMK.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: